Ini 10 SMA/SMK di Tasik yang Diajukan untuk KBM Tatap Muka

1474
1
ISTIMEWA. MENGAJAR VIRTUAL. Guru SDN 2 Manangga Kecamatan Bungursari melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring, Senin (27/7).
ISTIMEWA. MENGAJAR VIRTUAL. Guru SDN 2 Manangga Kecamatan Bungursari melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring, Senin (27/7).

TASIK – Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya mengajukan 10 sekolah sebagai pilot projects pelaksanaan belajar tatap muka. Pengajuan dilakukan ke Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat.

Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd mengatakan, sekolah yang diajukan menjadi percontohan tatap muka antara lain SMAN 1 Singaparna, SMAN 1 Karangnunggal, SMAN 1 Ciawi, SMAN 1 Taraju, SMAN 1 Cineam, SMAS Tunas Nusantara, dan SMAS Al Mukrom. Selanjutnya ada SMKN SPP Tasikmalaya, SMAN 2 Tasikmalaya, serta SMKN 1 Tasikmalaya.

“Ini masih verifikasi dan menunggu izin dari Satgas Provinsi Jabar dan Satgas Kabupaten/Kota Tasikmalaya,” ujarnya. kepada Radar, Kamis (13/8).

Terlepas sekolah itu berada di zona wilayah kuning atau hijau, sambungnya, pihaknya ti­dak serta merta merekomendasikan untuk tatap muka. Ada tahapan prakondisi, timing, skala prioritas dan evaluasi. “Tujuannya meng­antisipasi adanya klaster-klaster baru penularan Covid-19 dari sekolah,” katanya.

Kepala Seksi Pelayanan Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dedi Suryadin SPd MPd menjelaskan prinsip awal dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka yaitu waspada. Maka pihaknya melakukan verifikasi ketat untuk menjamin keselamatan dan kesehatan peserta didik, guru dan orang tua.

“Sekolah yang diajukan untuk tatap muka yakni sekolah yang berada di kecamatan berstatus hijau, diutamakan wilayah yang sulit jaringan internet (blank sport, Red), dan usia guru harus di bawah 45 tahun tanpa penyakit penyerta,” ujarnya.

Selanjutnya, kata ia, guru harus jalani swab test, fasilitas sarana prasarana protokol kesehatan terpenuhi, khusus SMK diutamakan untuk membentuk satgas sekolah bekerja sama dengan puskesmas.

Kemudian, kata Dedi, sekolah dapat memenuhi syarat protokol pembelajaran tatap muka maksimal 4 jam, jadwal belajar bergantian dengan jumlah siswa maksimal 18 siswa per kelas dan mendapat izin orang tua. “Nantinya tetap dikombinasikan dengan belajar daring,” katanya.

Sementara itu, tingkat pendidikan SD sampai SMP di Kota Tasikmalaya merencanakan kegiatan belajar di sekolah pada September. Hal ini menyusul diperbolehkan kembali sekolah tatap muka di wilayah zona kuning dan zona hijau.

Kepala SMPN 12 Kota Tasikmalaya Drs H Eman Suhaeman MPd mengatakan, pihaknya sedang melakukan persiapan agar dapat belajar tatap muka. Dimulai dengan pembenahan usaha kesehatan sekolah berstandar protokol kesehatan Covid-19. Pihaknya pun sedang melengkapi tempat cuci tangan di tiap kelas dan penambahan WC umum.

“Kemampuan sekolah sudah siap, sekarang pengerjaan tempat cuci tangan. Sudah ada 30 tempat cuci tangan dari target 33,” ujarnya.

Selain memenuhi kelayakan fasilitas berstandar protokol kesehatan, pihaknya juga sedang mengumpulkan surat izin orang tua dalam pembukaan sekolah tatap muka ini.

“Sampai saat ini masih melakukan pendataan ceklis kesiapan orang tua untuk memperbolehkan anak belajar di sekolah,” ujarnya.

Ia mengatakan, persyaratan sekolah tatap muka ini memang berat, namun pihaknya tetap berusaha melengkapinya, termasuk membuat tim satgas sekolah. (riz)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Alangkah bijak bila dibuka tatap muka setelah siswa awal tahun 2021 sudah divaksin , ini usaha yang maksimal , jangan tergesa gesa mengandalkan semangat doang, jangankan guru dokter dan perawat saja akan kewalahan dengan ribuan siswa dan sekolah jadi cluster baru juga pemerintah.dulu saya pernah terganggu KBM 6 bulan dengan program test diagnostik, sabar sedikit karena covid 19 ini mematikan , sehat itu mahal , dan nyawa hanya satu .jangan repot repot jangan so semangat , tanpa bisa menjamin anak anak guru orang tua dan akhirnya masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.