Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.9%

19.6%

8.2%

68.3%

Ini 4 Pasangan Calon Pemilihan Bupati Tasikmalaya

15369
14

TASIK – Tuntas sudah segala dinamika dalam perebutan tiket partai politik di Pilkada Tasikmalaya 9 Desember 2020. Hampir bisa dipastikan Pilkada di Kota Seribu Pesantren tersebut akan diikuti empat pasangan calon.

Mereka adalah Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin (Hade-Yakin), Iwan Saputra-Iip Miptahul Paoz (WANI), Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya (Azies-Haris) serta satu pasangan calon dari jalur Independen Cep Zamzam-Padil Karsoma (CEKAS).

Baca juga : Pilbup Tasik, AKA dan Idrisiyyah Merasa Dikhianati dan Dipermainkan Demokrat

Pasangan calon petahana Ade-Cecep diusung PDIP-PPP dengan modal sebanyak 13 kursi, sedangkan para penantangnya seperti Iwan-Iip memiliki modal dukungan sebanyak 23 kursi, Azies-Haris sebanyak 14 kursi dan calon independen Cep Zamzam-Padil Karsoma telah mengantongi sebanyak 100.744 kartu tanda penduduk (KTP).

Untuk itu, para paslon pun sudah merencanakan jadwal pendaftaran ke KPU Kabupaten Tasikmalaya. Seperti petahana Ade-Cecep dijadwalkan mendaftarkan diri hari ini (4/9) sekitar pukul 13.00, kemudian pada Sabtu (5/9) paslon Azies-Haris sekitar pukul 13.00.

Sementara paslon Cep Zamzam-Padil Karsoma akan daftar di hari terakhir pendaftaran atau Minggu (6/9) sekitar pukul 10.00, kemudian disusul Iwan-Iip sekitar pukul 13.00.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin SAg mengatakan untuk rombongan yang mengantarkan pasangan calon mendaftar ke KPU itu dibatasi hanya 50 orang. Termasuk di dalamnya calon, keluarganya, LO dan pengurus serta pimpinan partai politik pengusung.

“Sementara bagi yang masuk mengantarkan calon mendaftar ke ruangan yang sudah disiapkan KPU, yang boleh ikut sebanyak 15 orang perwakilan. Selain protokol kesehatan juga mengoptimalkan ruang yang ada, dengan pengamanan ketat,” terang dia.

Termasuk nanti, tambah dia, para peserta rombongan yang ikut mengantar bersama calon diberikan tanda pengenal agar tertib dan teratur saat penerimaan pendaftaran.

“Pastinya yang mengiringi pasangan calon ada istri, keluarganya termasuk ketua partai pengusung dan tim suksesnya,” ujar dia.

Dia menambahkan, KPU pun dalam tahapan penerimaan pendaftaran pasangan calon sudah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya termasuk Dinas Kesehatan.

“Protokol kesehatan di tengah pendaftaran calon, nanti ada tim medis dari Dinas Kesehatan beserta ambulans selama tiga hari di lokasi pendaftaran. Kemudian semua rombongan termasuk calon wajib memakai masker, kita siapkan alat cuci tangan, hand sanitizer termasuk posisi kursi ada jarak,” tambah dia.

Terpisah, Calon Bupati Tasikmalaya dari jalur Independen, Cep Zamzam Dzulfikar Nur pihaknya akan mendaftar dengan membawa rombongan sebanyak 50 orang, sesuai batasan yang diberikan sesuai dengan protokol kesehatan KPU.

“Untuk yang ikut mendaftarkan ada 15 orang masuk ke ruangan, paslon, keluarga, tim inti pemenangan. Termasuk Pak Tatang Farhanul Hakim (TFH). Sisanya di luar 35 orang,” ujar Cep Zamzam kepada Radar, saat ditemui di rumahnya, Rabu (2/9).

Rencananya, CEKAS akan diantar oleh 1.500 orang dari mulai simpatisan dan tim pemenangan serta struktur desa, kecamatan. Termasuk para tokoh masyarakat dan relawan CEKAS.

“Sebelum daftar saya akan ziarah ke makam almarhum bapak di kompleks Pondok Pesantren Nurul Wafa Gununghideung, Sukarame,” tutur dia.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tasikmalaya, Aef Syaripudin mengatakan pasangan Hade-Yakin akan mendaftar ke KPU dengan menggunakan kendaraan roda empat dan dua, karena ada batasan dari KPU dengan jumlah 50 orang.

Baca juga : Puskesmas Urug Kawalu Kota Tasik Kembali Buka, 50 Orang yang di-Tracing Hasinya Negatif

“Kita juga menginstruksikan kepada pengurus PAC kecamatan untuk berdoa di masing-masing kecamatan. Saat pasangan Hade-Yakin mendaftar ke KPU,” ujar dia.

Bakal Calon Bupati Tasikmalaya, Iwan Saputra mengatakan dirinya akan mendaftarkan diri pada Minggu (6/9). Rencananya, seluruh adalah pengurus partai koalisi, keluarga, tim dan pendukung akan ikut mendampingi. ”Intinya tidak ada yang khusus, kita berdoa sebelum mendaftar yang penting sampai mendaftar ke KPU,” ungkap Iwan.

(diki setiawan)

loading...

14 KOMENTAR

  1. Sok saha we nu nyalon mah,da engke oge boga pilihan masing – masing, jeung saha we nu meunang mah, asal nu jujur, nyaah ka ra’yat.

  2. Insya alloh percnten k nu independen , da gening ti independen mh tina te amanah na oge sok gampil di oyag keun na kemungkinan bakal lebih amanah , amiin

  3. Tah ie nu di antos2 teh nu independen. Ts wareug ku janji janji nu ti partai mah. Mudah2an tiasa nyandak perobihan kanggo kabupaten tasikmalaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.