Ini Beberapa Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Dicoba

27
warung mbok tentrem / radar jogja

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JOGJA – Kota Jogja memang selalu istimewa. Selain menjadi pusat tradisi budaya, dan perkuliahan, Jogja menyimpan sejuta kekayaan kuliner khas nusantara yang nikmat dan bervariasi.

Ya, tak lengkap rasanya bertandang ke Jogja tanpa menyantap nikmatnya kuliner legendaris khas Jogja.

Jika mata dimanjakan oleh pemandangan wisata alami dan buatan yang ada di kota ini, lidah akan dimanjakan oleh beragam wisata kuliner legendaris Jogja seperti yang ada dalam list berikut ini:

1. Gudeg Jogja
Jogja identik dengan menu gudegnya. Dan sempat terkenal dengan sebutan kota gudeg. Rasanya bisa dibayangkan sedikit manis, dengan bahan dasar nangka muda, dengan sedikit tambahan kuah santan.

Meski agak ada manis-manisnya, namun proses pengolahan dan penyajian dengan cara yang tepat selalu terkenang di lidah.

Gudek Yuk Djum /foto; jpg

Menu makanan yang satu ini semakin mak nyus dan nendang di lidah jika disajikan dengan tambahan lauk telur, tahu tempe, opor ayam, sambal goreng krecek dengan nasi yang pulen. Dijamin nagih.

Anda bisa menikmati nikmatnya gudeg Jogja legendaries di Gudeg Yu Djum, Gudeg Tugu, Gudeg Pawon, dan beberapa tempat legendaries lain dengan harga yang sangat ekonomis, yaitu hanya berkisar antara Rp 7 ribu hingga Rp 25 ribu saja.

Berwisata di Jogja kurang lengkap rasanya tanpa mampir dulu ke spot gudeg fenomenal di atas dan menikmati gudeg yang nikmat di kota asalnya.

2. Sate Klathak
Yup, bagi Anda para pecinta makanan dengan bahan dasar daging kambing dan kebetulan saat ini sedang berada di Jogja, yuk mampir ke Sate Klathak Pak Pong atau Sate Klathak Pasar Jejeran.

Apa sih bedanya satu ini dengan sate-sate yang lain?
Dari segi daging yang digunakan adalah daging kambing muda dengan tekstur yang lebih lunak dan lembut. Daging sate matang secara merata karena di bakar dengan menggunakan jeruji sepeda.

Glenn Fredly sedang menikmati sate klatak / foto jawapos

Bahan jeruji adalah penghantar panas yang baik sehingga daging yang dibakar di atas bara api bisa matang secara merata.
Adapun bumbu yang digunakan sangat sederhana, yaitu garam dan sedikit cuka.

Untuk penyajiannya agar lebih mantap, sate klathak disajikan dengan kuah gule yang nendang. Jangan lewatkan menu sate klathak dengan memanfaatkan wisata kuliner di Jogja pada traveloka App.

Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 13 ribu hingga Rp 30 ribu saja untuk menyantap hidangan sate klathak khas Jogja.

3. Sego Kucing
Sego Kucing adalah cara mudah menghemat pengeluaran. Dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak. Takarannya kecil, hanya untuk beberapa kali suapan saja, dengan tambahan lauk sambal teri, dan tahu tempe.

Dijual di gerobak khusus yang biasa kita sebut dengan angkringan. Untuk tambahan lauknya, Anda bisa menyantapnya dengan ceker kecap, gorengan, dan sebagainya.

Sego Kucing Khas Jogja / foto; makananoleholeh.com

Yuk, coba menu sego kucing yang nikmat di angkringan Tenbi, Angkringan Lek Man, dan angkringan KR, yang selalu ramai pengunjung dengan kisaran harga hanya Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu saja.

4. Kopi Joss
Bukan sekedar kopi. Kopi Joss adalah kopi khas Jogja yang unik. Ada yang berbeda dari jenis kopi yang satu ini.

Kopi joss dibuat dengan bahan dasar yang sama yaitu kopi dan gula namun ada tambahannya, yaitu arang panas.

Saat dicelupkan ke dalam seduhan kopi, bunyi arang tersebut menyerupai namanya, yaitu joss sehingga kopi ini disebut dengan kopi joss.

Harga kopi joss sangat terjangkau, yaitu tidak lebih dari 5ribu rupiah. Anda bisa menemukan penjual kopi jos ini di beberapa spot di sekitar stasiun tugu.

5. Bakpia
Jika beberapa kuliner yang sudah disebutkan di atas adalah kuliner yang siap di santap di tempat, untuk oleh-oleh khas Jogja Anda bisa angkut bakpia yang umumnya di isi dengan kacang hijau.

Saat ini, bakpia hadir dengan beragam varian rasa, mulai dari abon sapi, keju, cokelat, durian, dan juga cappuccino dengan cita rasa yang nikmat dan selalu dirindukan.

Bakpia khas Jogja / foto; radar jogja

Adapun kisaran harga bakpia di Jogja adalah sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu saja dengan beberapa lokasi wisata kuliner di Jogja pada traveloka App yang bisa Anda akses saat ini juga.

Dijamin, perjalanan Anda di kota gudeg Jogjakarta akan semakin lengkap dengan mencicipi ragam wisata kuliner di kota ini. (rls)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.