Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.8%

19.6%

8.1%

68.6%

Ini Curhat Wali Kota Tasik saat Berkunjung ke BNPB Pusat

394
0
BERKUNJUNG KE BNPB PUSAT
Pertemuan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tasik dengan Kepala BNPB Pusat, Selasa (18/08) siang. istimewa for radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, selaku Ketua Gugus Tugas curhat ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat, Selasa (18/08) siang.

Kunjungan Budi dan jajarannya itu diterima langsung Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Letjen TNI Doni Monardo.

Dalam pertemuan itu, Budi menjelaskan kondisi Covid-19 di Kota Tasik. Adapun kendala yang dihadapinya adalah Keberadaan RSUD Dr Soekardjo yang sampai saat ini belum memiliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Sehingga terjadi keterlambatan dalam
hasil testing terhadap pasien yang diduga tertular atau menderita Covid-19,” ujar Budi dalam pertemuan itu.

“Hal ini menjadi penghambat dalam tracking sebaran (cara untuk mendeteksi orang-orang yang berpotensi tinggi tertular virus dari pasien positif Covid-19) serta Treatment (penanganan/pengobatan) terhadap pasien,” sambungnya.

Terang Budi, Kota Tasik masih dalam zona kuning yang artinya posisi penyebarannya risiko rendah.

Tapi hingga hari ini masih memiliki 5 pasien positif yang dirawat di RSUD.

“Saya sampaikan penanganan covid di daerah terjadi keterlambatan karena testing PCR. Kita yang miliki RSUD tipe B sampai kini belum miliki mesin itu untuk mengetes positif tidaknya seorang pasien,” terangnya.

Maka dalam pertemuan itu pihaknya memohon kepada BNPB agar bisa memberikan bantuan mesin tersebut. Karena mesin itu sangat penting dan efektif.

“Memutus rantai penyebaran adalah kecepatan menentukan seseorang positif atau tidak. Selama ini kita selalu ke Labkes Jabar di Bandung. Maka prosesnya lama. Kalau sebelumnya 20 hari bisa lebih dari itu sekarang mah,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pusat, Letjen TNI Doni Monardo berharap Kota Tasik bisa menjaga kondisi saat ini bahkan bisa menjadi zona hijau.

Pihaknya juga akan memprioritaskan bantuan Mesin PCR bagi RSUD di Kota Tasik.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.