Ini Soal Harga Diri

124
0

JAKARTA – Nama Ezechiel Nduoassel dan Marko Simic sudah membuka lembaran persaingan panas pertemuan Persija Jakarta kontra Persib Bandung, di stadion Gelora Bung Karno, sore nanti. Pertempuran Macan Kemayoran dan Maung Bandung bakal berlangsung seru.

Indikatornya, banyak dari hasil pertandingan kedua tim selalu berakhir imbang. Selain itu, tensi pertandingan pun selalu berlangsung panas, hal ini karena kedua tim memiliki basis suporter yang sangat besar di Indonesia.

Rivalitas kedua suporter tentu menghadirkan gengsi yang sangat tinggi. Meskipun kedua tim kini menghuni papan bawah klasemen Liga 1 2019. Kondisi seperti ini tentu  saja bisa mempengaruhi laga menjadi sangat ketat, apalagi kedua kubu berada di posisi yang tidak jauh berbeda.

Saat ini, tim tuan rumah berada pada posisi 14 dengan raihan lima poin dari lima laga. Hampir  sama dengan tim Macan Kemayoran, Ezechiel Nduoassel dkk terus menurun di klasemen, bahkan saat ini berada di posisi 13 dengan raihan enam poin dari enam pertandingan yang telah dilalui.

Enggan lebih terpuruk di dasar klasemen, Persib Bandung isyaratkan bangkit pada laga nanti. Kemenangan atas Persija seolah membayar kekalahan memalukan dari Persebaya Surabaya.

“Kedua tim tidak dalam posisi yang bagus di klasemen dan besok (hari ini) menjadi kesempatan untuk memperbaiki posisi di liga. Kami juga sedang dalam performa yang kurang baik setelah kalah di laga tandang, ini soal harga diri.

Jadi kami tidak ingin kembali menelan kekalahan,” ujar pelatih Persib Robert Alberts, kemarin.

Pelatih asal Belanda itu mengakui jika saat ini timnya dalam kondisi siap tempur. Terlebih bisa bermainnya beberapa pemain andalan bisa mempengaruhi performa di lapangan nanti.

Seprti Esteban Vizcarra yang sudah bisa bermain, Achmad Jufriyanto diberi garansi akan kembali merumput, dan hadirnya Gian Zola yang membawa perubahan permainan pada saat lawan Persebaya lalu.

“Semua bisa bermain untuk laga besok (hari ini).  Jupe (Achmad Jufriyanto) sudah dipantau,” katanya.

Bagi Persija,  bermain di kandang sendiri jelas menjadi sebuah momentum yang tepat bagi Ismed Sofyan CS untuk melesat memperbaiki posisi di klasemen sementara. Ditambah tim asuhan Julio Banuealos berada dalam situasi yang positif. Kemenangan dua kali beruntun.

“Persiapan sudah maksimal, semua tahu bahwa pertandingan ini itu penting untuk kedua tim, tapi kami sebagai tuan rumah akan tambil habis-habisan dan memenangkan pertandingan karena itulah target kami,” katanya.

Menghadapi laga penuh gengsi di Indonesia merupakan hal yang pertama bagi pelatih asal Spanyol tersebut. Tetapi ia mengaku  sudah tahu rivalitas kedua tim.

“Saya sangat tahu tentang rivalitas, tapi rivalitas kita hanya di lapangan saja, dan tugas saya di tim Persija adalah mengatur strategi bagaimana kita memenangi pertandingan, karena itulah target kami.  Soal rivalitas itu di luar, yang penting di lapangan kita fokus, dalam tim kerja sama dan persiapan kami sudah maksimal,” ungkapnya. (pra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.