Beranda Tasikmalaya Ini Syarat Menjadi COTA
Polres: Pelaku Diduga Bukan Orang Dekat

Ini Syarat Menjadi COTA

133
BERBAGI

MANGUNREJA – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto mengatakan untuk menjadi calon orang tua asuh (COTA) harus menempuh beberapa persyaratan yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Ato menjelaskan persyaratan yang paling utama untuk menjadi COTA adalah maksimal berusia 55 tahun, minimal belum mempunyai anak selama lima tahun, mampu secara ekonomi, sehat jasmani dan rohani. Karena memang untuk menentukan siapa yang mempunyai hak dalam mengadopsi bayi tersebut harus memenuhi persyaratan tersebut. “Yang memutuskannya nanti adalah Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat,” bebernya kepada Radar, Senin (16/4).

Sejauh ini memang sudah ada 17 keluarga menyatakan ingin mengadopsi bayi yang ditemukan di Kampung Gandok Desa Cipakat Kecamatan Singaparna. “Mereka sudah melakukan upaya ke KPAID seperti ingin melihat bayi tersebut. Hanya saja KPAID belum memperkenankan karena melihat kondisi bayi belum stabil kesehatannya. Kita masih menunggu pernyataan sehat dari tim dokter baru bisa dilihat oleh keluarga yang berniat mengadopsi,” bebernya.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Pribadi Atam SPd MH mengatakan sejauh ini pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan mengenai pelaku pembuang bayi. “Sampai saat ini belum kita ketahui siapa pelakunya,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun, sebelum bayi ditemukan warga juga mendengar ada suara sepeda motor yang berhenti tepat di lokasi penemuan bayi tersebut. “Siapa yang membawa motor itu sedang kami selidiki,” ungkap Pribadi.

Dia menjelaskan jika melihat modus pembuangan bayi tersebut jelas sengaja. Hanya ketika bayi dibuang lengkap dengan kebutuhannya, seolah ada pesan dan berharap ada yang mengurus bayi tersebut. “Dugaan sementara ini bukan orang dekat pelakunya,” tutur dia. (ujg)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.