Inspektorat Cium Indikasi Pungli, Oknum Pegawai Disdik Dinyatakan Bersalah

221
0
Ojat Sudrajat Inspektur Kota Banjar

BANJAR – Inspektorat Kota Banjar belum lama ini memeriksa oknum di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar. Oknum tersebut diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap para guru.

Hasil pemeriksaan Inspektorat, oknum yang masih dirahasiakan itu dinyatakan bersalah. “Dugaan indikasinya pungli. Indikasinya ada dengan perbuatan pungli tunjangan jabatan. Kami melakukan pemeriksaan atas perintah wali kota,” kata Inspektur Kota Banjar Ojat Sudrajat Senin (22/7).

Ojat belum memberikan keterangan secara detail hasil pemeriksaan itu. Hasil pemeriksaan, kata dia, bisa diberikan jika ada permintaan dari aparat penegak hukum (APH).

“Tapi mohon maaf kami tidak bisa membeberkan hasilnya secara detail. Namun yang pasti pemeriksaan sudah dilakukan dan hasilnya ada indikasi,” kata dia.

Ojat menambahkan untuk sanksi, pihaknya akan melaporkan dulu hasil pemeriksaan ke Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih. “Ini sedang proses, nanti saya juga akan mengarahkan ke tim untuk sanksi dari melanggar aturan ini,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Forum Pemuda Peduli Pendidikan (FPPD) Kota Banjar Diky Agustaf mencium adanya praktik pungli di tubuh Dinas Pendidikan. Dia sendiri sempat diperiksa sebagai saksi oleh Inspektorat Kota Banjar.

Ia berharap oknum yang merugikan citra Pemerintah Kota Banjar itu ditindak tegas dengan sanksi yang sesuai perbuatannya.

“Kami menginginkan penyelenggaraan segala sesuatu itu harus profesional, akuntabel dan transparan. Kasihan penyelenggara pemerintahan yang ingin pemerintahannya bersih kalau masih dikotori dengan praktik seperti itu (pungli). Mudah-mudahan dengan kejadian kemarin bisa membuat semua sadar dan bisa memperbaiki kesalahannya,” kata dia.

Sementara itu, dikonfirmasi melalui telepon perihal dugaan pungli, tidak ada jawaban dari kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.