Inspektorat Level 3 Kapabilitas APIP

612
0

BANJAR – Inspektorat Daerah Kota Banjar telah meraih level 3 dalam penilaian kapabilitas APIP dan Pemerintah Kota Banjar mencapai level 3 dalam maturitas sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP).

“Inspektorat Daerah Kota Banjar sebagai aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) adalah instansi pemerintah yang dibentuk dengan tugas melaksanakan pengawasan intern di lingkungan pemerintah daerah,” kata Inspektur Kota Banjar Ojat Sudrajat Kamis (2/1).

Ia menjelaskan secara umum peran APIP di Indonesia belum efektif sesuai dengan hasil pemetaan terhadap tingkat kapabilitas pelaksanaan tugas pengawasan intern pada setiap APIP di seluruh Indonesia. Peningkatan kapabilitas APIP diperlukan agar terwujud pengawasan intern yang efektif.

Seluruh APIP diharapkan berada pada level 2 (infrastructure), selanjutnya dapat ditingkatkan pada level 3 (integrated) dari skor level 1-5 sesuai kriteria penilaian internasional.

“Pada tahun 2019 di Jawa Barat, Inspektorat Daerah yang telah mencapai level 3 adalah Kota Depok, Kabupaten Sumedang, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kab Garut, Kota Bogor dan Kota Banjar,” kata dia.

Kata dia, kapabilitas APIP level 3 pada IACM mempunyai karakteristik seperti kebijakan, proses dan prosedur di APIP telah ditetapkan, didokumentasikan dan terintegrasi satu sama lain serta merupakan infrastruktur organisasi. Kemudian manajemen serta praktik profesional APIP telah mapan dan seragam diterapkan di seluruh kegiatan pengawasan intern.

“APIP berevolusi dari hanya melakukan kegiatan secara tradisional menjadi mengintegrasikan diri sebagai kesatuan organisasi dan memberikan saran terhadap kinerja dan manajemen risiko. Juga memfokuskan untuk membangun tim dan kapasitas kegiatan pengawasan intern, independesi serta objektivitas serta pelaksanaan kegiatan secara umum telah sesuai dengan standar audit,” ujarnya.

Kata dia, kapabilitas APIP di level 3 juga dipengaruhi capaian maturitas SPIP Pemerintah Kota Banjar.

“Tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP adalah tingkat kematangan atau kesempurnaan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah dalam mencapai tujuan pengendalian intern sesuai PP Nomor 60 Tahun 2008,” kata dia. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.