Beranda Tasikmalaya Inspektorat Telusuri Dugaan Pungli di Desa

Inspektorat Telusuri Dugaan Pungli di Desa

58
0
BERBAGI

SINGAPARNA – Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya melakukan penelusuran dugaan indikasi penyalahgunaan administrasi keuangan atau adanya pungutan liar (pungli) pada salah satu desa di Kecamatan Jamanis.

Inspektur Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra SE mengatakan memang ada satu desa di Kecamatan Jamanis yang sudah masuk hasil pemeriksaannya, karena ada penyalahgunaan tata kelola keuangan atau yang terindikasi pungutan liar oleh desa kepada masyarakat.

“Saat ini sedang dilakukan penyelidikan dan satu tahap lagi pengumpulan data oleh aparat penegak hukum terhadap desa tersebut. Inspektorat sudah menyampaikan hasil pemeriksaannya,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (4/4).

Menurut Iwan, kaitan dengan pembinaan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, Inspektorat sudah dari awal mengimbau kepada seluruh camat dan memberikan penekanan bahwa camat harus lebih pro aktif dalam melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaran pemerintahan daerah.

”Lebih khusus yaitu dengan penyelenggaraan pemerintahan dalam hal tertib dalam pengelolaan keuangannya di desa,” katanya.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pemerintahan di daerah peran camat sangat strategis. Dan targetnya dari hasil pemeriksaan desa-desa di tahun 2017 ke awal 2018 ini tidak diharapkan ada satu pun desa yang melakukan pelenggaran dan ujug-ujungnya berurusan dengan aparat penegak hukum. (dik)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here