Intensitas Hujan Akan Makin Tinggi

33

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis menerima surat imbauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) agar masyarakat mewaspadai intensitas hujan yang makin sering belakangan ini.

Dalam surat itu, Deputi Bidang Meteorologi Drs Mulyono R Prabowo MSc menyampaikan bahwa peningkatan curah hujan diprediksi akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia bagian barat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain adanya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Sumatera yang menyebabkan terjadinya konsentrasi masa udara di wilayah tersebut. Konsentrasi masa udara itu menyebabkan kondisi udara yang relatif lebih lembap yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. Diperkirakan keadaan ini akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk bulan Oktober itu seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah. “Meskipun di Kabupaten Ciamis saat ini sudah mulai curah hujan tinggi, namun kami belum dapat laporan mengenai kejadian bencana alam. Semoga di Camis tetap aman tidak sampai terjadi bencana,” terang Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya.

Menyikapi surat dari BMKG itu, Tagana sudah menyiagakan anggotanya selama 24 jam. Pasalnya, Kabupaten Ciamis tercatat kelima se-Jawa Barat sebagai daerah rawan bencana alam. Baik itu banjir, longsor, pergerakan ta­nah maupun angin puting beliung. (isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.