Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Investasi Harus Legal dan Logis

198
0
ilustrasi

TASIK – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya Asep Ruswandi meng­himbau masyarakat untuk jangan mudah percaya terhadap ta­waran investasi dengan untung besar.

“Kalau ada penawaran investasi profit yang cukup tinggi, mesti diwaspadai. High profit, high risk,” ujar Asep kepada Radar, kemarin (26/2).

Lanjutnya, jangan sampai tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi tanpa melihat risiko yang akan diterima. Satgas Waspada investasi yang dibentuk OJK telah menghentikan kegiatan usaha sekitar 48 entitas penghimpunan dana investasi secara nasional selama 2017. Penghentian kegiatan usaha dilakukan karena berpotensi merugikan masyarakat.

Lanjutnya, masyarakat harus memperhatikan beberapa hal sebelum investasi. Dia bilang, masyarakat harus memastikan pihak yang menawarkan investasi memiliki izin dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan. “Investasi itu harus memenuhi dua hal, yakni legal dan logis,” tegasnya.

Lebih jauh masyarakat harus pula mengetahui di mana kantor perusahaannya, siapa pengurusnya dan dana yang dihimpun diputarkan lagi di usaha bidang apa. “Modus penipuan investasi ini biasanya memberikan keuntungan besar yang tidak logis, tapi di akhir malah buntung. Uang dibawa kabur pihak yang tidak bertanggung jawab,” katanya. Celakanya, selain uang raib, masyarakat yang berinvestasi juga kerap dijadikan agen ataupun marketing untuk merekrut downline ataupun nasabah lain. Saat uang dibawa kabur perusahaan, tentu ia harus bertanggung jawab atas uang yang disetorkan masyarakat yang ia rekrut. “Sudah jatuh, tertimpa tangga pula,” ujarnya.

Kasus seperti ini, sambung Asep, tak hanya terjadi pada masyarakat kalangan bawah, tapi masyarakat dengan intelektual tinggi pun kerap menjadi korban. “Alasannya karena mereka tergiur profit yang besar,” katanya.

Asep mengatakan partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk menangkal produk investasi yang merugikan. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat melapor atau memberikan informasi kepada OJK jika ada tawaran investasi yang mencurigakan. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.