Investasi Petani Kelapa di Pangandaran Akan Disuntik Rp 140 M

137
0
Loading...

PANGANDARAN – Selain ekspor ke luar negeri, Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani kelapa. Yang akhir-akhir ini kelimpungan karena ketidakstabilan harga di pasaran.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida mengaku sudah menidaklanjuti rencana kerjasama dengan NGO Agri Terra dalam proyek investasi pengolahan kelapa terpadu.

”Industri pengolahan kelapa ini akan didampingi Agritera dan beberapa hari lalu dari Deputi Produksi dan Pemasaran Koperasi RI, mereka pun siap mendukung,” ujarnya kepada Radar, Minggu (31/3).

Menurut dia, pilot project tersebut akan ditindaklanjuti bersama kementerian dan disosialisasikan triwulan III tahun 2019. ”Anggarannya dari kementerian koperasi, ini sebagai sinyal positif terhadap proyek ini,” katanya.

Kata dia, sudah saatnya petani kelapa di Pangandaran tidak tergantung kepada penjualan kelapa mentah, tetapi mampu mengolah kelapa tersebut menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Loading...

”Rencananya akan dibangun pabrik pengolahan buah kelapa, para petani bukan berinvestasi disana,” ujarnya.

Menurut Tedi, estimasi pembangunan pabrik tersebut mencapai Rp 140 miliar. ”NGO akan membantu proses pembangunan tersebut, mungkin dengan mencari dana pinjaman ke kementerian,” jelasnya.

Tedi mengatakan file project serupa telah dilakukan di daerah lain seperti Jawa Tengah, namun produksinya bukan buah kelapa, namun lebih ke beras. ”Dan nyatanya mereka berhasil disana,” katanya.

Salah seorang petani kelapa Hendarto (45) mengaku tidak memiliki banyak keahlian dalam melakukan pengolahan buah kelapa. ”Paling saya hanya bisa mengambilnya, mengupas, menjual saja,” terangnya.

Ia mengharapkan adanya pelatihan dalam mengolah buah kelapa menjadi sebuah produk. ”Mungkin suka ada penyuluhan dari pemerintah juga, tapi saya belum pernah ikut,” tuturnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.