Investor Asing Bakal Banjiri Indonesia

23

JAKARTA – Pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berjalan dengan damai dan aman. Melihat kondisi ini Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan optimis ekonomi Indonesia akan semakin membaik.

Hal itu didasarkan laporan yang diterimanya dari sejumlah institusi keuangan, bahwa mereka menunggu Pilpres yang berlangsung aman.

“Jadi kalau hari ini damai, aman (proses Pemilu 2019), miliaran dolar AS akan masuk ke market Indonesia,” ujar Luhut di Jakarta, Rabu (17/4).

Selain investasi asing moncer, Luhut memperkirakan nilai tukar rupiah akan menguat pasca Pilpres pekan depan.

“Kita lihat deh penguatan ru­piah yang akan cepat, mung­kin Minggu depan,” kata Luhut.

Sedangkan untuk pasar modal, menurut Luhut Pemilu 2019 ini tidak akan berpengaruh besar. Hal itu berdasarkan pengamatan dari Pemilu 2004, 2009 dan 2014.

Sebaliknya, kata Luhut, gejolak politik yang bisa mempengaruhi kegiatan ekonomi di pasar emiten nasional.

“Adanya pemilihan ini tidak sampai membuat sektor pasar modal turun jatuh. Jadi tidak saling berkaitan,” tutur Luhut.

Luhut menegaskan, sektor ekonomi yang bisa berdampak pada sektor pasar modal. Dia mencontohkan saat Indonesia dilanda krisis moneter tahun 1998, sangat berdampak pada pasar modal.

“Jadi kondisi ekonomi lebih punya dampak terhadap kegiatan di pasar modal daripada urusan politik seperti Pilpres,” ucap Luhut.

Terpisah, peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, saat ini banyak investor yang menunggu hasil dari Pilpres ini. “(Investor) mereka menunggu hasil dari Pilpres hari ini. Siapapun presiden yang terpilih nanti, investasi akan kembali masuk ke Indonesia,” ujar Huda Rabu (17/4).

Siklus dari sebuah Pemilu, menurut Huda memang demikian. Namun yang terpenting jika ekonomi Indonesia ingin membaik tergantung dari pemimpinnya yang bisa menyelesaikan persoalan ekonomi.

“Mudah-mudahan setelah Pilpres ini ekonomi Indonesia kembali membaik,” tukas Huda. (din/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.