Ivan Dicksan: Jangan Ada Pungli di Job Fair !

47

TAWANG – Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan dalam 5 tahun kedepan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasik menargetkan dapat menciptakan kesempatan kerja 5000 – 7000 setiap tahunnya.

Pasalnya berdasarkan data pihaknya pada tahun lalu jumlah angkatan kerja sebanyak 6.953 orang, penduduk yang bekerja 1.757 orang dan penganggur terbuka 4.796 orang atau 73 persen tingkat pengangguran terbuka.

“Maka upaya untuk menekan jumlah pengangguran masih harus terus dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Tasik,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com, Selasa (30/7) usai membuka Job Jair di GOR Dadaha.

Terang dia, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran ini adalah keterbatasan informasi bagi pencari kerja terhadap lowongan kerja.

“Juga ketersediaan tenaga kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” terangnya.

Tegas dia, untuk mengatasi kesenjangan tersebut maka Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) sebagai penghubung antara pemberi kerja dan pencari kerja menyelenggarakan pameran kesempatan kerja (Job Fair) ini.

“Dan saya tegaskan Job Fair ini tidak boleh memungut biaya (pungli) 1 rupiah pun kepada pencari kerja. Karena bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” tegasnya.

Selain regulasi itu, tambah dia, pungli dalam kegiatan Job Fair juga bertentangan dengan Konvensi ILO nomor 88 tahun 1948 yang sudah diratifikasi dengan Kepres nomor 36 tahun 2002, serta Permenaker nomor 39 tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja.

“Jadi ini perlu saya sampaikan karena akhir-akhir ini marak lembaga swasta atsu Event Organizer (EO) menyelenggarakan pameran kesempatan kerja tapi tujuannya bisnis serta memanfaatkan pencari kerja saja,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Disnaker Kota Tasik, Rahmat Mahmuda menuturkan, Job Fair ini dalam rangka membantu dunia usaha untuk mendapatkan tenaga kerja kompeten.

“Sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan berupaya menanggulangi pengangguran,” tukasnya. (rez)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.