Siap Mendukung Sejak Pertama Kali Bertemu

Iwan Didorong Koalisi Rakyat

58
0
SILATURAHMI. Iwan Saputra (tengah) bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Kecamatan Jamanis, belum lama ini. YANGGI F IRLANA / RADAR TASIKMALAYA

JAMANIS – Ketua GM FKPPI Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra SE MSi terus mendapatkan dukungan dari masyarakat jelang Pilkada 2020. Berbagai elemen masyarakat mendeklarasikan diri untuk mendukungnya pada pesta demokrasi lima tahun ini.

Pengamat politik, sosial dan pemerintahan Tasikmalaya Asep M Tamam mengatakan, gaya sosialisasi Iwan Saputra ini menggambarkan kecerdasan calon seorang pemimpin. Dia melakukan cara yang baik, elegan dan halal. “Jadi saya melihat Iwan sudah membangun konsep koalisi rakyat jelang pilkada nanti. Mengingat dorongan dari masyarakat terus mengalir,” ujarnya kepada Radar, Minggu (8/12).

Lanjut Asep, selain terus membangun koalisi rakyat di bawah, Iwan pun terlihat cukup masif melakukan komunikasi ke atas, artinya menguatkan jaringan partai politik, seperti pertemuan dengan Ketum DPP Partai Golkar Airlangga dan politisi elite lainnya. Iwan pun juga terlihat masif melakukan silaturahmi ke samping atau kalangan organisasi, ulama dan pondok pesantren.

“Sudah paket komplet, ke atas, bawah (masyarakat umum, Red) samping pun sudah dilakukan untuk menyosialisasikan diri. Dengan konsep gerakan seperti ini sisi elektabilitas dan popularitasnya cukup akan naik signifikan,” ujarnya.

Menurut Asep, konsep-konsep seperti ini pun sebelumnya sering dilaksanakan zaman Uu atau Tatang Farhanul Hakim. Namun, gerakannya tidak semasif atau segencar Iwan Saputra saat ini. Gaya atau gerakan ini sangat penting untuk membangun politik partisipatif, jadi mengangkat partisipasi masyarakat untuk menentukan pilihan ke Iwan. “Jadi masyarakat yang aktif mendagangkan dan menyosialisasikan Iwan ke masyarakat lainnya,” ujarnya, menambahkan.


Namun, kata dia, konsep gerakan ini pun tetap dikembalikan lagi kepada siapa figur yang melakukannya. Tak jarang banyak kandidat lain yang melakukan hal ini, tapi dampaknya banyak juga yang tidak mengalami kenaikan dari sisi elektabilitas dan popularitasnya.

Terpisah, perwakilan tokoh masyarakat Kecamatan Jamanis dr H Abdullatif menilai sosok Iwan Saputra merupakan figur yang religius, sopan dan dekat dengan masyarakat mana pun. Kemudian, dari sisi pengalaman Iwan terlihat sudah benar-benah paham terkait pemerintahan. “Dia juga sudah pernah menjabat di berbagai bidang, sehingga pasti memahami pemerintahan di Kabupaten Tasikmalaya,” katanya kepada Radar usai silaturahmi dengan Iwan Saputra belum lama ini.

Kata dia, dirinya mulai tertarik ingin mendorong Iwan Saputra menjadi bupati di Pilkada 2020 saat pertama kali bertemu di salah satu rumah makan.

“Saat pertama dan bersalaman memang sudah beda rasanya, bahwa dia merupakan salah satu kandidat terbaik untuk calon bupati Tasikmalaya,” jelasnya.

Maka dari itu, kata dia, setelah melakukan pertemuan ini, warga dan para tokoh lainnya akan mulai melakukan gerakan ke masyarakat melalui pengajian. Sehingga sosok Iwan Saputra bisa benar-benar dikenal oleh masyarakat secara merata. Dengan demikian, tingkat keterpilihannya bisa semakin tinggi di Pilkada 2020. “Harapan besar kepada Iwan Saputra ketika terpilih bisa membawa kabupaten lebih baik dalam berbagai bidang,” harapnya. (yfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.