Izin Pemilik Kandang Sapi, Kunci Bantuan Rehab Turun

37
0
MENJEMUR. Yeni, warga Dusun Sukahurip Desa Langensari Kecamatan Langensari menjemur pakaian di tempat tinggalnya Senin (24/6). Tempat yang ditinggalinya kini dulunya kandang sapi.

BANJAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar masih menunggu hasil lobi Pemerintah Desa Langensari kepada pemilik kandang sapi. Pemkot sendiri tidak bisa memberikan bantuan berupa tanah milik untuk keluarga Yeni karena terbentur anggaran.

“Sekarang sedang diupayakan oleh pemerintah desa untuk ada izin dari pemilik kandang sapi itu. Dari pemerintah kota juga tidak bisa membelikan tanah, kan kemampuannya terbatas,” kata Sekda Kota Banjar Ade Setiana di Gedung DPRD Kota Banjar Jumat (28/6).

Dari pemerintah desa juga, kata dia, tergantung kemampuan anggarannya. Apabila memungkinkan untuk pengadaan tanah bagi keluarga tidak mampu, itu bisa saja dilakukan.

“Doakan saja mudah-mudahan pemilik tanah itu mau meminjamkan. Kan hanya dipinjamkan untuk dibangun, bukan untuk dimiliki. Jadi asal ada izin untuk ditempati oleh keluarga itu, maka bantuan bedah rumah dari Baznas sudah bisa dilakukan,” ujar sekda.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Banjar Abdul Kohar mengatakan untuk bantuan bagi keluarga Yeni, pihaknya akan menganggarkan dua unit bedah rumah. Menurut dia, melihat kondisi bekas kandang sapi, jika menggunakan anggaran satu unit tidak akan cukup. “Jika diuangkan mencapai Rp 15 juta,” ucapnya.

Yogi (19), anak pertama dari pasangan Yeni dan Cecep mengaku banyak pendataan dari pemerintah untuk menerima bantuan. Tak hanya pendataan, bantuan sembako juga mengalir dari relawan dan organisasi masyarakat.

“Alhamdulillah sekarang sudah banyak yang peduli, kemarin ada beberapa mahasiswa juga yang datang ke sini melihat kondisi kami. Ada bantuan juga dari organisasi masyarakat. Semoga kondisi keluarga saya membaik dan memiliki tempat tinggal yang layak,” harapnya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.