Jabar Juara, Ciamis Maju

455
0
JALAN SEHAT. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya membuka Jalan Sehat di Alun-Alun Ciamis, Minggu (14/7) pagi. IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki program Jabar Juara yang akan memberi manfaatkan bagi kemajuan Kabupaten Ciamis. Salah satunya adalah rencana memperbanyak perhentian kereta api di Stasiun Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengikuti Jalan Sehat dalam rangka memperingati Hari Jadi Ciamis ke-377 di Alun-Alun Ciamis pada Minggu (14/7). Emil—panggilan populer Ridwan Kamil—menginginkan Kabupaten Ciamis menjadi kabupaten terbaik di Jawa Barat. Pemrov juga akan terus memperbarui kemajuan Ciamis hingga Hari Jadi ke-378 tahun depan.

Selain rencana memperbanyak perhentian kereta api, pemprov juga memiliki program desa digital, desa wisata, satu desa satu hafiz, kredit mesra buat ibu-ibu di masjid tanpa bunga dan agunan. Program ini bagian dari kerja sama Pemprov Jabar dengan Pemkab Ciamis agar Ciamis maju. “Saya minta masyarakat Ciamis mendoakan para pemimpin di desa, kecamatan, kabupaten serta provinsi agar dekat dengan masyarakat, amanah dan istikamah,” ujar dia.

Bupati Ciamis Dr Herdiat Sunarya berterima kasih kepada masyarakat yang antusias mengikuti jalan sehat. Diharapkan kegiatan tersebut menjadi motivasi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Kan hadiah lumayan, ada hadiah empat umrah, tiga dari Pemda Ciamis, satu dari Gubernur Jawa Barat, serta 10 buah sepeda motor dan door prize yang lainnya. Banyak sekali,” kata Herdiat saat diwawancara Radar usai pelepasan Jalan Sehat di Alun-Alun Ciamis kemarin pagi.

Menurut dia, jalan sehat yang dilaksanakan rutin setiap tahun akan mendongkrak perekonomian masyarakat terutama sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta pejalan kaki lima (PKL). Bahkan, beberapa minggu ke belakangan, berbagai kegiatan sudah dilaksanakan seperti karnaval SCTV dan pawai taaruf MTQ di Kecamatan Kawali yang melibatkan puluhan ribu massa. “Ternyata hasil survei sangat bagus, laju pertumbuhan ekonomi terus meningkat dan pendapatan asli daerah (PAD) juga bisa masuk,” katanya.

Untuk menggenjot PAD, pihaknya juga akan fokus mengoptimalkan potensi di sektor wisata dan pertanian. Termasuk memanfaatkan keberadaan tol yang bisa menumbuhkan laju perekonomian dan mempermudah akses investasi. “Sekarang kan sangat minim sekali menanamkan modalnya di Ciamis,” ujar dia.

Bupati berharap tol yang akan dibangun dari Bandung itu membuka beberapa exit tol di jalur Ciamis. Bila pintu keluar tol tidak ada di Ciamis akan berdampak buruk bagi kemajuan Ciamis. “Kalau hanya lewat saja tidak ada pintu tol, Ciamis akan jelek dan tidak akan maju,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.