Jika Ade Sugianto Dilantik November, Sisa Jabatannya Masih Lebih dari 18 Bulan

Jabatan Wabup Tasikmalaya Wajib Diisi

48
Ilustrasi Lelang Jabatan

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Partai pengusung Uu-Ade pada Pilkada 2015, PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Tasikmalaya sepakat untuk jabatan wakil bupati (wabup) pada sisa periode ini untuk diisi. Pasalnya, sisa jabatannya masih lebih dari 18 bulan.

Ketua DPD PKS Kabupaten Tasikmalaya Dadi Supriadi mengatakan untuk posisi wakil bupati harus dan wajib diisi. Maka dari itu, pihaknya dengan PAN sudah berkomunikasi dan komitmen akan mengajukan nama untuk ditentukan sebagai wakil bupati. “Jabatan wakil bupati ini sangat strategis bagi partai pengusung.

Maka dari itu kami akan mengambil jabatan tersebut dan siap mengusulkan nama terbaik. Karena partai mana pun pasti akan mengambil kesempatan yang sangat berharga ini,” ujarnya.

Kata dia, soal nama yang akan diusulkan masih dalam pembahasan. Setelah muncul nama bersama dari kader PAN, akan segera diserahkan kepada Ade Sugianto melalui koalisi yang dilanjutkan pengusulan kepada DPRD untuk dipilih satu.

Lanjut dia, PKS belum melakukan pertemuan dengan PDI Perjuangan membahas soal wakil bupati. “Belum bertemu secara formal. Kita menunggu bupati definitif dulu,” bebernya.

Terpisah, Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya Daud Ripai menjelaskan tidak ada alasan jabatan wakil bupati dikosongkan, maka wajib untuk diisi. “Kami dengan PKS sudah sepakat jabatan wabup itu wajib diisi dari salah satu kader partai pengusung,” terangnya.

Lanjut dia, setelah Ade Sugianto dilantik menjadi bupati definitif, PAN dan PKS akan langsung menyampaikan nama yang akan dipilih untuk menjadi wakil bupati pada sisa periode ini.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya Arif Rachman mengatakan kalau berbicara aturan memang untuk jabatan wakil bupati wajib diisi, karena sisa jabatannya lebih dari 18 bulan. “Saya berbicara aturan, bahwa posisi wabup harus diisi. Tapi kalau secara politis saya belum bisa menjawab karena belum ada pembahasan,” terangnya.

Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ir Zaenal Purkon menjelaskan dalam Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD di Pasal 23 memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam hal terjadi kekosongan jabatan untuk meneruskan sisa jabatan lebih dari 18 bulan harus dilakukan. “Jadi, ketika Pak Ade dilantik November ini maka sisa jabatannya lebih dari 18 bulan lagi. Karena habis masa jabatannya pada 22 Maret 2021,” ungkapnya. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.