Jadi Generasi Kreatif di Era Digital

117
0
SEMINAR. Boyke Nurhidayat ST MSi memaparkan materi pada Seminar Pahlawan Digital Selasa (26/11). Lisna Wati / Radar Tasikmalaya

TASIK – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) PSDKU Tasikmalaya menggelar Seminar Pahlawan Digital di Aula Kampus UBSI Jalan Tanuwijaya Kota Tasikmalaya Selasa (26/11). Kegiatan diikuti 200 siswa dan guru SMA sederajat Se Kota Tasikmalaya dan Ciamis.

Ketua pelaksana seminar Herlan Sutisna ST MKom mengatakan seminar nasional ini digelar guna memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Melalui seminar ini UBSI ingin mengajak generasi muda menjadi pahlawan di era digital untuk memajukan Indonesia.

“Saat ini berjuang tidak lagi dilakukan di medan perang, karena di era digital tantangan justru akan semakin besar untuk dapat memajukan bangsa. Pengetahuan tentang kemampuan untuk berkarya di era digital tentu diperlukan agar setiap kaum muda tidak salah arah dengan memaknai sema­ngat pahlawan,” jelasnya.

Pahlawan masa kini berbeda dengan pahlawan dulu. Pahlawan masa kini harus memiliki semangat berkreasi dan berinovasi memajukan bangsa. “Jadilah generasi yang berkontribusi untuk negara dengan kreativitas,” katanya. Terlebih, sambungnya, nanti akan banyak pekerjaan yang digantikan mesin, tapi ada hal yang tidak digantikan mesin yakni manusia yang kreatif.

Narasumber seminar Boyke Nurhidayat ST MSi mengatakan saat ini arus informasi deras, sehingga dalam seminar ini dijelaskan bagaimana teknologi ini berdampak positif dan himbauan untuk bijak menggunakan internet.

“Generasi muda harus menjadi pahlawan masa kini dengan pemanfaatan teknologi di era digital yang dapat memberikan manfaat,” kata IT Manager salah satu TV nasional tersebut.

Ia berharap dengan diselenggarakannya seminar ini akan membuka semangat anak muda untuk menjadi generasi yang kreatif dan positif.

Sementara itu, dalam semi­nar tersebut peserta juga di­ke­nalkan dengan aplikasi M Tryout. Perwakilan PT Mobile Learning Solusindo Dini Silvi Purnia MKom menjelaskan, M Tryout merupakan aplikasi yang dibuat PT Mobile Learning Solusindo bekerja sama dengan UBSI.

M-Tryout adalah  pembelajaran untuk siswa SMA sederajat kelas 10, 11, dan 12 yang digunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau ujian-ujian semester bagi para siswa  kelas X dan  XI. Aplikasi M-Tryout dapat diakses melalui smartphone.

“M Tryout ini bisa diakses se­cara gratis dan berhadiah grand prize motor NMax serta ha­diah barang elektronik serta bea­siswa kuliah,” katanya. (na)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.