Opsi Pembubaran PD Pasar Resik

Jadi THL, Gaji Lebih Terjamin

124
Drs H Budi Budiman.Firgiawan / Radar Tasikmalaya

CIHIDEUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya memprioritaskan opsi pengangkatan karyawan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Resik menjadi tenaga harian lepas (THL) pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelola Pasar. Opsi tersebut untuk menyiasati sulitnya penganggaran dana pesangon bagi karyawan setelah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu bubar.

“Kemarin hasil diskusi pemkot, untuk pembubaran PD Pasar Resik mungkin alternatif yang akan kita laksanakan pembubaran, kemudian mempekerjakan seluruh karyawan,” ujar Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman saat ditemui di Kompleks Olahraga Dadaha, Minggu (17/2).

Setelah PD Pasar Resik bubar tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PKH) para karyawan. Mereka akan bekerja di bidang serupa dengan lembaga yang berbeda. “Yang penting semua ikut dipekerjakan dan itu akan cepat. Bedanya alih kelola saja, tidak perlu di-PHK dulu,” tuturnya.

Menurut Budi, diangkat menjadi THL, karyawan itu akan mendapatkan jaminan gaji yang sesuai. Hal itu karena gaji THL dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selama satu tahun. Dengan begitu, para pegawai tidak perlu waswas seperti saat bekerja di PD Pasar Resik yang mengandalkan pendapatan perusahaan. “Ketika di PD Pasar Resik memang risiko. Kalau usaha sedang berhasil, bisa bagus. Ketika kurang sehat, berarti seluruh biaya operasional terpengaruh termasuk pendapatan mereka. Bisa gaji terlambat, gaji setengah dulu,” kata dia.

Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Wahidin meminta pemkot merancang tahapan pembubaran dan peralihan pengelolaan pasar dari PD Pasar Resik ke UPTD secara komprehensif. “Kita tidak ingin, perda ini selesai berbuntut persoalan lain. Intinya kebijakan jangan merugikan karyawan,” ucapnya.

Politisi PAN itu juga meminta PD Pasar Resik bisa mengoptimalkan masa transisi selama satu tahun untuk melunasi sejumlah kewajiban terhadap pihak luar. “Itu kan ada masa transisi, silakan mau memenuhi kewajibannya seperti apa,” tutur dia. (igi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.