Jadikan Anggota Pramuka Kader Kesehatan

20
PEMBUKAAN. Pelaksana tugas Kepala Dinkes Ahmad Muksin (tengah) secara simbolis membuka kemah bakti dan pemberian materi kesehatan terhadap anggota Pramuka Jumat (2/11).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

MANGUNREJA – Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Kemah Bakti dan pemberian materi kesehatan untuk saka bakti husada tingkat penegak dan pandega Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (2/11).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Muksin menjelaskan kemah bakti ini untuk memberikan materi dan pelatihan kepada anak-anak Pramuka tingkat penegak dan pandega yang ada di saka bakti husada.

“Materi yang diberikan kepada penegak dan pandega soal gerakan hidup sehat yang disampaikan oleh puskesmas dan dokter profesional. Jadi penegak dan pandega ini bisa menjadi kader-kader kesehatan yang mengajak teman-temannya serta masyarakat supaya hidup sehat,” terang Muksin kepada Radar kemarin.

Materi yang diberikan, kata dia, lebih kepada pengetahuan soal peningkatan gizi. Mulai dari pengenalan makanan, buah-buahan termasuk asupan makanan empat sehat lima sempurna. “Termasuk kita juga mengajak anak-anak paham tentang penanggulangan stunting, pemberian imunisasi dan TBC,” paparnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya Dadan Hamdani SKM MSi menambahkan para anggota pramuka ini diarahkan untuk bisa memahami soal dunia kesehatan. Dengan demikian diharapkan anggota pramuka memiliki keterampilan di bidang kesehatan, baik penanggulangan atau pencegahan penyakit. “Apakah itu pencegahan untuk keluarganya, temannya dan masyarakat,” pungkasnya.

Waka Bina Muda Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya Engkos Koswara SIP MSI mengaku kegiatan ini diharapkan mampu membentuk pribadi anggota yang sehat. “Jadi output-nya Mampu mengajak masyarakat hidup sehat dan memberikan pemahaman soal cara hidup sehat,” tandasnya.(dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.