Jadikan Priatim Poros Pangan di Jabar

41
0

TASIK – Ketua Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Barat, H Oleh Soleh SH bertekad menjadikan wilayah Priangan Timur (Priatim) atau Jawa Barat bagian Selatan menjadi poros pangan, khususnya dalam produksi beras terbesar di Jawa Barat.

Menurut Oleh, wilayah Priatim yang meliputi Garut, Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar layak dijadikan poros pangan di Jawa Barat.

Indikatornya, kata Oleh, pertama sumber daya alam di wilayah Priangan Timur masih relatif “perawan” atau belum banyak terjamah dengan industri secara keseluruhan.

Kemudian, jelas dia, peruntukan wilayah Priangan Timur di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, adalah untuk pertanian.

”Tanah nya subur, sumber air nya banyak. Kemudian, pada umumnya mata pencaharian masyarakat di wilayah Priangan Timur 80 persen adalah petani,” kata Oleh.

Selanjutnya, wilayah Priatim secara letak geografis cukup banyak lahan pertanian nya. Kemudian tanahnya subur bisa ditumbuhi semua jenis tanaman termasuk sayuran dan buah. Semua bisa tumbuh.

”Maka, saya Oleh Soleh, ingin menjadikan wilayah Priatim, sebagai poros Pangan di Jawa Barat. Apalagi dengan RTRW dan RPJMD pemerintah provinsi lima tahun ke depan, Priangan Timur akan dibangun dalam pengembangan pertanian,” ungkap dia.

Hal tersebut, tambah Oleh, selaras dengan program nasional di pemerintah pusat. Dengan dibangunnya bendungan irigasi Leuwikeris maka akan semakin terbuka bagi wilayah Priatim menjadi poros pangan terbesar di Jawa Barat.

”Pangan yang dihasilkan khususnya seperti padi, tanaman palawija, buah-buahan, sayuran. Dan paling pokok adalah produksi berasnya yang banyak,” pungkasnya. (diki setiawan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.