Jaga Lingkungan, Tanam Ribuan Pohon Di Kabupaten Pangandaran

58
0
DISKUSI. Ketua Kwarcab Kabupaten Pangandarah Apip Winayadi (memakai batik) berdiskusi dengan penggiat dan aktivis lingkungan Kabupaten Pangandaran Rabu (17/10).

PARIGI – Pepohonan sangat berperan bagi kehidupan, ia bisa membersihkan udara dari polusi, menyediakan air dan lain-lain. Sebaliknya jika pepohonan itu hilang atau rusak, maka bisa menimbulkan bencana yang maha dahsyat.

Untuk itu, Kwarcab Pramuka Kabupaten Pangandaran Berencana umelaksanakan kegiatan menanam ribuan bibit pohon. ”Nama kegiatannya Gerakan Saurang Melak Satangkal (Raksa Mental,Red),” ujar Ketua Kwarcab Kabupaten Pangandaran Apip Winayadi kepada Radar ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/10).

Kegiatan tersebut, kata dia, rencananya akan dilaksanakan pada Bulan November mendatang. ”Kita menargetkan penanaman sebanyak 5.000 biji dan bibit pohon dalam satu kawasan. Jadi bibit pohon ini bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar,” terangnya.

Menurut Apip, untuk menentukan lokasi dan pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya menggandeng para aktivis, komunitas dan penggiat lingkungan di Kabupaten Pangandaran. ”Kami meminta masukan dan arahan dari mereka yang sudah tahu menahu terkait lingkungan,” ujarnya.

Apip mengatakan cinta lingkungan sangat erat kaitannya dengan gerakan pramuka, terutama bila dilihat dari falsafah dasa dharma pramuka. ”Sudah jelas bahwa kita harus mencintai alam kita dan juga harus menyayangi sesama manusia,” tuturnya.

Dia berharap kegiatan tersebut akan disambut baik oleh semua elemn masyarakat. ”Kami juga mengharapakan support dari seluruh masyarakat, karena untuk mempertahankan kelestarian lingkungan, semuanya harus saling bahu membahu,” ajaknya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.