Jalan Banjarsari-Pangandaran Terputus Diterjang Banjir dari Sungai Cikaso

1522
0
radartasikmalaya.com
Para pengendara memaksakan kendaraannya melintas kawasan Pasar Banjarsari yng terendam banjir, ketika debit air berkurang, Selasa (27/10). istimewa untuk radartasikmalaya.com

CIAMIS – Jalan Banjarsari Ciamis menuju Kabupaten Pangandaran terputus akibat diterjang banjir dari Sungai Cikaso, 00.00 Selasa (27/10) sampai pagi air masih tinggi.

Dengan ketinggian air yang cukup tinggi, menyulitkan para pengendara motor dan roda empat untuk melintasi kawasan Pasar Banjarsari tersebut. Akibatnya, arus lalulintas dari kedua arah terhambat.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengaku bahwa semua anggotanya, saat ini, terjun ke lokasi membantu evakuasi masyarakat yang rumahnya terendam air. Terutama evakuasi warga yang lumpuh dan lansia.

“Memang luapan air Sungai Cikaso ini mengakibatkan kawasan Pasar Banjarsari ikut terendam. Semua toko terendam, serta akses jalan dari Kota Banjar menuju Pangandaran dan sebaliknya terhambat,” paparnya.

“Memang, dikala air surut sedikit, banyak kendaraan juga memaksakan diri menerobos banjir. Mereka memaksa karena aktifitas untuk pergi kerja,” sambungnya.

Sejauh ini, kata dia, jumlahnya belum terdata berapa rumah yang terdampak. “Yang jelas puluhan rumah dan pertokoan yang terendam. Upaya kami saat ini evakuasi warga untuk diungsikan,” ucapnya.

Selain itu, tambah dia, pihaknya menyebarkan anggotanya ke Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar, menyisir masyarakat yang kena dampak.

Di dua kecamatan itu, hampir semua jalannya tergenang air. Sehingga banyak masyarakat yang terhambat beraktivitas . “Alhamdulillah sejauh ini tidak sampai ada korba jiwa, hanya kerugian materil,” terangnya.

Didin, warga Pasar Banjarsari mengaku, aktivitas berdagangnya terhenti karena banjir.

“Toko terpaksa ditutup, karena penuh dengan air. Dimana sebagian barang banyak yang basah. Jadi banjir ini kemungkinan sungainya dangkal, ditambah hujan yang terus menerus beberapa hari ini,” tuntasnya.

(iman s rahman)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.