Jalan Baru Cisinga Terkena Longsor

117
0

TASIK – Hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Tasikmalaya Utara khususnya wilayah Kecamatan Ciawi dan Jamanis, Selasa (17/12). Hal ini mengakibatkan longsor di dua titik sekitar jalan baru Ciawi-Singaparna (Cisinga).

Berdasarkan laporan Danramil Rajapolah Kapten Agus Heriyanto disebutkan longsor terjadi di jalan baru tersebut. Tepatnya di Kampung Sukasukur Desa Karangsembung Kecamatan Jamanis sekitar pukul 16.00. “Longsornya terjadi di bahu jalan sebelah kiri dari arah Ciawi, “ ungkapnya kepada Radar.

Menurutnya, hal ini diakibatkan hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Tasikmalaya Utara Selasa sore. Tebing dengan ketinggian sekitar 5 meter dan panjang 20 meter terkikis sampai menutup seluruh badan jalan. “Jalur jalan raya sempat tidak bisa dilalui kendaraan,” tuturnya.

Pantauan Radar, sampai tadi malam jalur sudah mulai dilalui kendaraan, hanya saja permukaan jalan cukup licin karena masih berlumpur. Selain tanah, tebing longsor juga merobohkan pepohonan yang turut menutupi jalan. Sejumlah petugas BPBD masih bersiaga di lokasi.

Longsor juga terjadi di Kampung Sukajadi Desa Gombong Kecamatan Ciawi, di mana sebuah tebing tanah merusak sebuah rumah semi permanen milik Iri (50). Beruntung kejadian tersebut, tidak sampai menjatuhkan korban jiwa atau pun luka-luka. “Kejadian pukul 18.30, jadi penghuni masih terjaga,” ungkapnya.

Meski demikian, kerusakan bangunan semi permanen tersebut cukup parah dan tidak bisa ditinggali. Iri pun untuk sementara diungsikan ke rumah warga sekitar. “Hanya satu rumah yang rusak, kerugian diperkirakan Rp 75 juta, “ paparnya.

Danramil Ciawi Kapten Inf Kardaya menyebutkan pihaknya bersama unsur Muspika serta BPBD mendatangi lokasi untuk penanggulangannya. Dia pun mengimbau masyarakat yang tinggal di dekat kawasan bertebing agar selalu waspada ketika hujan deras terjadi. “Lebih baik mengungsi ke tempat yang aman, “ tuturnya. (rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.