Jalan Ciawi-singaparna Tasik Tuntas

12393
6
ISTIMEWA TUNTAS. Jembatan di Jalan Ciawi-Singaparna sudah tuntas dibangun dan bisa dilalui masyarakat.
ISTIMEWA TUNTAS. Jembatan di Jalan Ciawi-Singaparna sudah tuntas dibangun dan bisa dilalui masyarakat.

SINGAPARNA – Jalan Ciawi-Singaparna sepanjang 23 kilometer sudah rampung dan bisa dilalui kendaraan. Kini masyarakat sudah bisa menikmati jalan yang sudah didambakan sejak 2004 lalu.

Jalan ini menghubungkan dua kawasan wilayah pengembangan Ciawi-Singaparna dan melewati tujuh kecamatan, yakni Ciawi, Jamanis, Sukahening, Cisayong, Sukaratu, Padakembang dan Singaparna.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Permukiman (PUTRPP) Kabupaten Tasikmalaya Drs Yusep Yustisiawandana MM melalui Sekdis Ir Utang Kadarusman MT mengatakan, jalan yang menghubungkan dua kecamatan itu memudahkan warga untuk mengurangi waktu jarak tempuh dari Tasik Utara ke pusat Singaparna.

Baca Juga : 4 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Jalan Rajapolah Tasik

“Warga sudah bisa merasakan dampak positif dengan rampungnya pengerjaan Jalan Ciawi-Singaparna tersebut. Kini warga tak perlu lagi memutar ke wilayah Kota Tasikmalaya jika hendak ke Singaparna,” kata dia.

Sebelumnya, kata dia, warga Tasik Utara mungkin membutuhkan waktu hingga tiga kali lipat untuk sampai ke ibu kota. Namun dengan selesainya pembangunan Jalan Ciawi-Singaparna tidak perlu memerlukan waktu lama. Paling hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

“Jalan tersebut tahun ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi pemudik di Lebaran 2020. Hal ini untuk menghindari kemacetan di jalur utama. Jalan ini sangat representatif, karena Kabupaten Tasik saat ini tidak memiliki jalur alternatif menuju Singaparna,” kata dia.

Baca Juga : Longsor di Cisayong Tasik, Akses Jalan 2 Desa Kembali Normal, Tapi…

Loading...

Rampungnya jalan ini bisa berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Terlebih warga yang terlalui jalan tersebut, di mana ada pergerakan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, mulai dari berjualan produk olahan makanan dan lainnya.

“Dampaknya setelah jalan ini tuntas terhadap transportasi, akses wisata dan perekonomian,” ujarnya.

“Tujuan awal pembangunan Jalan Ciawi-Singaparna ini untuk terkoneksi antar berbagai wilayah di Kabupaten Tasikmalaya, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa semakin baik dan maksimal,” ucap dia. (obi)

Loading...
loading...

6 KOMENTAR

  1. Dari perempatan jalan galunggung ke arah singaparna, jalannya udah jelek.
    Karena sering dilalui truk penambang pasir.

  2. Ya jalan dari smpang galunggung ke singaparna cepat rusak,banyat truk pengangkut pasir over load alias odol

  3. Penerangan jalan belum ada..kl lewat sore..ngga ada yg berani jalan baru..mohon pihak terkait menindaklanjuti untuk keselamatan masyarakat..htrnuhun

  4. dari perempatan galunggung ke singaparna bawa kendaraan ga nyaman, rarujit,,, nyampai disingaparna kendaraan jadi guladig seperti yg sudah offroad,,,
    body kendaraan jadi cepat rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.