Jalan Cising Tinggal 2,2 Kilometer Lagi

314
0
MELEWATI. Pengendara sepeda motor melintasi Jalan Cising yang belum di hotmix tapi sudah bisa dilalui Minggu (27/1).RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TOTAL panjang Jalan Ciawi-Singaparna (Cising) mencapai 23,589 kilometer. Pembangunan mega proyek ini tinggal menyisakan 2,2 kilometer lagi yang belum bisa dilalui tapi sudah nyambung.

“Saat ini tinggal 2,2 kilometer lagi ruas jalan yang harus dibangun. Mudah-mudahan tahun ini bisa cepat selesai dan segera bisa dilalui masyarakat,” ujar Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) PUPR Kabupaten Tasikmalaya Mamik M Fuadi kepada Radar, Minggu (27/1).

Mamik mengatakan pembangunan penyelesaian jalan tersebut hingga bisa dilalui secara normal membutuhkan anggaran Rp 52 miliar. Namun, tahun ini alokasi untuk Jalan Ciawi-Singaparna dari APBD Kabupaten Tasikmalaya Rp 7,5 miliar. Sedangkan dari Bantuan Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 25 miliar. “Lanjutan pembangunannya direncanakan akan dilaksanakan awal Maret. Mulai dari pengaspalan hingga pembangunan tembok penahan tanah (TPT) untuk penahan longsor,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, jalan yang dikelilingi dengan tebing curam direncanakan akan dibangun softbridge atau seperti yang berada di Jalan Lingkar Nagreg.

Kata Mamik, jalan yang proyek pembangunannya sudah dimulai sejak 2006 untuk menghubungkan Tasik Utara dengan Singaparna ini tidak menemui kendala, semuanya berjalan dengan baik. Setelah selesai, rencananya jalan ini akan diserahkan pengelolaannya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mengingat, biaya pemeliharaannya membutuhkan anggaran besar.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Asep Dzulfikri SE mengatakan DPRD mendorong penyelesaian Jalan Cising segera diselesaikan. “Kita mendorong sangat maksimal untuk penyelesaian. Pemerintah daerah harus mampu menyelesaikannya,” katanya. (obi/ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.