Jalan di Pamarican Ciamis Amblas, PUPR Segera Lakukan Ini..

97
0
AMBLAS. Jalan Pamarican yang amblas beberapa waktu lalu, menurut BPBD Ciamis disebabkan karena bencana alam.
Loading...

CIAMIS – Pelaksana Tugas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis Memet Hikmat menjelaskan, Jalan Pamarican yang amblas lima hari lalu dikategorikan sebagai bencana alam, karena penyebab awalnya hujan yang terus menerus beberapa hari ke belakang, sehingga terjadi resapan air dan terjadinya amblas.

Bukan hanya jalan yang amblas, namun ada beberapa kebun di sekitar juga amblas.

“Diduga penyebab awal karena intensitas hujan, sehingga amblas di lokasi jalan dan sekitarnya,” ujar Memet kepada Radar, Jumat pagi (4/12).

Memet menjelaskan saat itu kondisi cuaca cukup ekstrem, sehingga menjadi rawan menjadi penyebab berbagai bencana alam.

“Dengan kondisi sekarang berdampak longsor bisa kena apa saja, baik itu area pertanian, proyek atau apa pun bisa saja terjadi,” kata dia mengungkapkan.

Loading...

Baca juga : Hujan Angin Rusak Puluhan Rumah di 3 Kecamatan di Ciamis

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan kewaspadaan bila musim hujan seperti saat ini, karena bisa menyebabkan banjir, longsor atau tanah amblas.

“Tentunya semua ini kita harus meningkatkan kewaspadaan,” ungkapnya.

Anggota Komisi C DPRD Ciamis H Ohan Hidayat menjelaskan, jalan yang amblas harus menjadi evaluasi pembangunan berikutnya. Misalnya dalam pembangunan jalan tersebut harus menggunakan pancang ataupun rambat beton.

“Saya ingatkan pembangunan harus melihat kontur tanahnya juga, sehingga sesuai dengan pembangunannya dan sesuai dengan perencanaannya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis Aef Saefuloh menilai jalan yang amblas di Kecamatan Pamarican empat hari lalu akibat bencana alam.

Dia menyebutkan kepastian penyebab amblasnya jalan, yang baru tuntas dihotmix itu, akibat bencana alam karena sudah jelas ada surat pernyataan dari desa, kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis.

“Jadi penyebabnya bencana alam, karena selain jalan amblas, di bagian kebun juga sama banyak yang amblas dan adanya retakan atau pergeseran tanah,” kata Aef saat dihubungi Radar, Kamis siang (3/12).

Aef menjelaskan, pihaknya juga akan berupaya dengan pihak pelaksana proyek untuk menguruk jalan yang amblas tersebut. Pengurukan bagian jalan yang amblas itu bagian dari pemadatan agar jalan bisa dilalui kendaraan.

“Kalau diperbaiki langsung tidak memungkinkan, karena langkahnya harus bertahap agar terencana baik,” ujarnya.
“Upaya kita memaksimalkan pemadatan agar bisa dilalui dulu kendaraan,” kata dia.

Menurut Aef, memang pengerjaan jalan tersebut sudah selesai, namun belum habis kontrak, sehingga untuk upaya sekarang yaitu melakukan langkah pemadatan jalan dengan ditimbun batu dan sebagainya.

“Semoga harapan besar pemadatan bisa selesai dalam semingguan ini,” ujarnya berharap.

(isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.