Jalan di Pusat Kota Tasik Banyak yang Rusak dan Berbahaya

124
0

KOTA TASIK – Infrastruktur jalan di wilayah pusat Kota Tasik ternyata sangat mudah dijumpai yang kondisinya rusak hingga berbahaya bagi warga. Jalan rusak ini seperti di Kecamatan Cihideung dan Tawang.

Pantauan radartasikmalaya.com, di Kecamatan Cihideung terdapat 2 jalan yang kondisinya rusak. Yaitu di pertigaan Jalan Paseh. Sedangkan di pertigaan Jalan Argasari, beton penutup jalan dibiarkan terbuka.

Sedangkan di Kecamatan Tawang, jalan rusak ini berada tepat di stopan lampu merah perempatan Jalan Galunggung-Jalan Dokter Soekardjo (Dokar).

Wali Kota Tasik, Budi Budiman mengatakan, jalan rusak di lokasi-lokasi itu kaitannya dengan pemeliharaan.

Jalan berlobang di pertigaan Jalan Pesen Kota Tasik. Foto: rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com

Maka dari itu pihak lurah harus segera melaporkan temuan warga soal ini kepada dinas terkait.

“Makanya saya tolong sampaikan informasi masyarakat ini melalui lurah kalau ada jalan bolong dan rusak jangan menunggu pihak dinas datang tapi segera sampaikan,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com, Senin (17/2) siang.

“Karena pihak dinas terkait tentunya akan segera melakukan perbaikan atau pemeliharaan. Karena soal jalan ini ada beberapa klasifikasi pengerjaannya. Apakah perawatan, membangun dan lain sebagainya,” sambungnya.

Terang dia, kalau membangun jalan itu seperti di jalur Lingkar Utara. Ada namanya peningkatan jalan dari yang tadinya batuan biasa atau laven menjadi hotmixs. Sedangkan ketiga adalah pemeliharaan jalan.

“Lalu ada juga jalan yang tak bisa kita tingkatkan. Karena jalan itu ada usianya 5 tahun. Jadi kalau sudah usia 5 tahun baru bisa ditingkatkan. Artinya peningkatan ulang lagi. Kalau belum 5 tahun paling pemeliharaan saja,” terangnya.

Terpisah Wakil Wali Kota Tasik, HM Yusuf menuturkan, kondisi jalan di pusat perkotaan itu rusak karena gerusan air hujan yang tiap hari mengguyur wilayah tersebut. “Otomatis ini pasti ada pemeliharaan nantinya,” tuturnya.

Tambah Yusuf, kalau saat ini masih musim hujan dipelihara juga kurang bagus.

“Nanti kalau sudah kering sedikit, jalan yang rusak itu pasti kami pelihara dan perbaiki semua. Karena ini menyangkut keselamatan masyarakat saat berlalulintas,” tambahnya.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasik, Sandi Lesmana memastikan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan dan perawatan terhadap jalan yang rusak tersebut.

“Untuk Jalan Paseh kita sudah berbagi tugas dengan pihak kelurahan. Kerusakan di jalan itu akan diperbaiki crossing-nya ketika dana kelurahan cair. Kita sudah mengeceknya dan akan PUPR kerjakan nanti,” katanya.

Sedangkan kerusakan di Jalan Argasari perlu waktu untuk perbaikan crossing-nya. “Sudah kita cek juga. Perlu waktu sekitar sebulan untuk persiapan pengadaan barang dan jasanya,” cetusnya.

Tukas dia, untuk perbaikan di Jalan Galunggung juga sudah dicek pihaknya. “Itu bukan pengerjaan yang tahun ini, tapi akan kita lakukan pemeliharaan juga. Mungkin seminggu lagi kita perbaiki kang,” tukasnya.

Kerusakan jalan di wilayah perkotaan ini sempat dikeluhkan beberapa pengguna jalan. Dia pun mengaku hampir terjatuh dari motornya ketika melintasi Jalan Paseh yang rusak karena tak mengetahui medannya.

“Memang saat ini banyak jalan yang tak mulus di wilayah kota. Saya sempat sampai pecah ban,” keluh Iyus Munawar (39), salah seorang pengendara motor yang hampir kecelakaan ketika melintasi Jalan Paseh.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.