Jalan Lingkar Ciamis Mulai Diuji Coba

4496
4
UJI COBA. Kendaraan angkutan dengan muatan berat mulai memasuki Jalan Lingkar Selatan pada masa uji coba, Selasa (30/6).

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis melakukan uji coba dioperasikannya Jalan Lingkar Selatan bagi angkutan barang. Selasa (30/6) pagi, angkutan barang dengan muatan berat pun terlihat mulai melintasi jalur tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis  Drs H Endang Sutrisna MSi mengatakan, benar kalau angkutan barang sedang uji coba melintasi Jalan Lingkar Selatan.

Baca juga : Dewan Kebudayaan Ciamis Sarankan Tugu Raflesia Diganti

“Ini masih uji coba, kalau secara resmi nanti akan diresmikan oleh bupati antara pertengahan atau akhir Juli,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kenapa tidak saat ini, kata dia, karena masih banyak evaluasi dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas, termasuk batas kecepatan bagi kendaraan yang melintas.

Termasuk masih banyak kabel-kabel PLN dan telepon yang sangat rendah dan bisa tertabrak oleh angkutan barang yang tinggi.

“Makanya kita perlahan akan memperbaiki dan kami imbau kepada masyarakat yang melihat kabel rendah untuk ditinggikan, karena saat ini mulai banyak truk yang melintas,” katanya.

Kemudian, kata dia, saat ini juga masih kekurangan PJU, saat ini yang baru terpasang ada sekitar 60. Ke depan kiranya pasti perlu penambahan di beberapa titik, terlebih yang masuk rawan seperti tikungan dan lainnya.

Baca juga : GMBI Ciamis Minta Batalkan RUU HIP

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Ciamis dari Fraksi PKS H Uus Rusdiana menyambut baik langkah pemerintah yang sudah mengoptimalkan Jalan Lingkar Selatan untuk angkutan barang.

Sehingga di pusat kota tidak terjadi kemacetan dan banyak lalu lalang kendaraan berat. “Mudah-mudahan dengan diaktifkannya Jalan Lingkar Selatan membuat pusat kota lebih nyaman dan tidak terlalu padat dengan banyaknya angkutan barang,” katanya. (isr)

4 KOMENTAR

  1. Itulah yang di tunggu tunggu oleh masyarakat Ciamis dari dulu setahu saya di Jawa barat Hanya pusat kota dan pendopo Ciamis yang dilewati truk. Terimakasih Bapak bupati, terima kasih pak Kadishub Ciamis. Ciamis maju

  2. Yg tdk kalah penting proses pengambilan sampah dari rumah. Tolong diperhatikan agar kebersihan terjaga dan masyarakt tidak kebingungan kemana harus membuang sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.