Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

Jalan Lingkar Selatan Ciamis jadi Kawasan Industri

284
0
JALAN LINGKAR SELATAN. Pengendara saat melintasi Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kabupaten Ciamis Rabu (1/7). JLS akan menjadi zona industri. IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Perekonomian warga di Jalan Lingkar Selatan Ciamis (JLS) diperkirakan meningkat seiring pembukaan jalur tersebut untuk angkutan barang.

Demikian analisis akademisi dari Universitas Galuh (Unigal), Ciamis Azzis Bashari.

Baca juga : Jalan Lingkar Ciamis Mulai Diuji Coba

Azzis, yang juga dosen di Fakultas Ekonomi Unigal, mengatakan kawasan di sepanjang JLS membuat aksesibilitas wilayah Ciamis akan semakin berkembang. Itu otomatis membuat kawasan yang di jalan sepanjang 16,6 km itu berkembang.

“Maka efeknya kepada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya kepada Radar Rabu (2/7).

Pembukaan JLS juga diprediksi membuat Kota Ciamis akan lebih mengembang. Terlebih, ke depan besar kemungkinan ada pabrik di jalur yang mulai dibangun 1990-an itu.

Namun begitu, kata dia, tidak mungkin tiba-tiba ada pabrik. Karena investor akan mengikuti perkembangan di kawasan itu.

“Dalam hal ini harus melihat wilayah tata ruang wilayah Kota Ciamis. Kalau saya tahu dulu RUTR (Rencana Umum Tata Ruang, Red) itu Jalan Lingkar Selatan nantinya akan menjadi kawasan industri, tentunya itu sejalan dengan tata ruang yang ada,” tegasnya.

Muhaemin (45), warga di sekitar JLS menyambut baik pembukaan jalan tersebut untuk angkutan berat.

Sebagai pedagang kelontongan, dia senang JLS mulai ramai dilalui kendaraan barang. Dia meyakini perekonomian di daerahnya akan menggeliat.

Namun demikian, dia tetap mewaspadai risiko rawannya kecelakaan lalu lintas seiring ramainya lalu lintas di JLS. “Semoga aman-aman saja,” harapnya.

Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis mulai menguji coba Jalan Lingkar Selatan Selasa (30/6).

Pantauan Radar, angkutan barang mulai melintasi jalan sepanjang 16,6 km tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis H Endang Sutrisna MSi, sehari sebelumnya, mengaku mulai menguji coba Jalan Lingkar Selatan.

Dishub mulai mengarahkan kendaraan barang ke jalan yang mulai dibangun di pertengahan 1990-an itu.

“Untuk launching-nya nanti sama bupati semoga pertengahan Juli atau akhir (Juli, Red). Pasalnya masih banyak evaluasi dan pemasangan rambu atau penambahan,” papar Endang kepada Radar.

Evaluasi Dishub, kata Endang, sementara ini masih ditemukan kabel milik PLN dan Telkom yang melintangi jalan dengan posisi cukup rendah. Nanti, akan perlahan ditinggikan.

Dia mengimbau masyarakat bila ada kabel yang terbentang ke jalan agar secara sadar meninggikannya, karena saat ini truk barang mulai melewati jalur Lingkar Selatan.

Mohon kerja samanya juga kepada masyarakat sekitar agar ikut partisipasi juga,” ajaknya.

Baca juga : 44 Detinasi Wisata di Ciamis Dibuka Pengunjung dari Zona Merah Dilarang Masuk

Rencananya, Dishub juga akan menambah PJU di Jalur Lingkar Selatan. Saat ini, jumlah PJU yang terpasang di jalur tersebut sebanyak 60 unit.

“Perlu nanti mungkin di beberapa titik ada penambahan. Namun tentunya nunggu program lagi. Mungkin di (APBD) Perubahan nantinya. Pada intinya secara idealnya memang PJU harus ada penambahan,” bebernya. “Rambu-rambu lain terus dievaluasi dan dikompletkan,” tambahnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.