Jalan Penghubung Cibalong – Cisompet – Peundeuy Garut Selatan Segera Dibuka

145
0
H Rudy Gunawan

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten Garut berencana membuka jalan antarkecamatan di wilayah pelosok selatan Garut untuk memudahkan akses perekonomian warga di wilayah tersebut.

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan, pembukaan akses jalan ini dilakukan untuk mempermudah akses warga sehingga memberikan keuntungan lebih besar dari penjualan hasil buminya.

Baca juga : Dirjen PKH Dorong Industri Kulit di Garut untuk Ekspor

“Dengan pembukaan jalan baru nanti, hasil-hasil pertanian bisa dengan cepat disalurkan dan dengan harga yang kompetitif,” kata Rudy kepada wartawan, Jumat (17/7).

Ia menuturkan, jalan yang akan dibuka menghubungkan tiga kecamatan di wilayah selatan Garut itu yakni Kecamatan Cibalong, Cisompet dan Peundeuy, daerah itu memiliki banyak potensi hasil bumi.

Bupati menyampaikan, jajaran pejabat dinas terkait sudah meninjau langsung kondisi jalan yang akan dibuka itu, dan melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar terkait kondisi ekonomi dan produk unggulan di daerah itu.

“Lahan yang akan dibebaskan untuk pembukaan jalan baru nanti berada di suatu pedalaman di antara tiga kecamatan berjarak kurang lebih 100 KM dari Kota Garut,” terangnya.

Ia meng­ungkap­kan, selama ini mas­ya­rakat di pelosok Ga­rut mengeluhkan kondisi jalan yang rusak aki­b­at­nya warga kesulitan untuk menjual pro­duk hasil buminya bahkan harus dijual murah.

Contohnya, kata Bupati, seperti harga kelapa hanya bisa dijual Rp 500 per buah, padahal setelah sampai kota bisa dijual Rp 6.000 per buah, harga beli yang murah itu karena ada penyesuaian beban biaya angkut.

“Dari satu pohon kelapa hanya mendapatkan uang sekitar Rp 15 ribu untuk 30 butir kelapa, padahal di kota Rp 6 ribu per butirnya, karena jalannya rusak, nah kita perbaiki,” terangnya.

Ia berharap, setelah jalan bagus dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di daerah pelosok kecamatan itu.

Baca juga : AWAS! Penipuan Online di Garut Marak

Bupati juga berharap pada 2022 infrastruktur di wilayah selatan yang menghubungkan tiga kecamatan itu sudah bagus, sehingga hasil pertanian mudah diangkut, lebih cepat dan efisien.

“Tahun 2022 saya akan mengundang siapa pun ke sini dengan menggunakan kendaraan sedan, tidak perlu pakai mobil 4×4, karena infrastrukturnya bagus,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.