Jalan & Sawah di Sariwangi Tasik Tertutup Longsor 30 Meter

188
0
Loading...

TASIKMALAYA – Hujan deras yang terjadi Jumat (31/2) sore hingga malam, menyebabkan aliran Sungai Cikunteun di Kampung Peuteuyjaya, Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, meluap dan menyebabkan material longsor ini menimbun Jalan Inspeksi Irigasi.

Panjang longsor yang menutup jalan ini sepanjang 30 meter dan ketebalan tanah mencapai 1,5 meter.

Beruntung, dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa. Meski demikian, masyarakat tidak bisa melalui jalan itu karena tertimbun material longsoran.

Hingga Sabtu (1/2) siang, para relawan dan warga masih berusaha menyingkirkan material longsor itu.

Kepala Seksi Kedaruratan dan kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat mengatakan, longsor ini juga menutup areal persawahan seluas 0,5 hektare.

“Juga menutup jalan irigasi sepanjang 30 meter dan ketebalan tanah 1 sampai 1,5 meter. Bencana itu juga telah menyebabkan Tembok Penahan Tebing (TPT) Cikunten terbawa longsoran sepanjang 50 meter,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (1/2) sore.

“Untuk material longsoran sampai sekarang masih dilakukan pembersihan dengan alat seadanya dan membutuhkan alat berat. Masyarakat bersama tim gabungan tak bisa melakukan pembersihan secara optimal mengingat longsoran tersebut tebal. Warga berupaya memotong beberapa pohon yang tumbang menggunakan golok,” sambungnya.

Loading...

Dia menerangkan, relawan dan warga hanya bisa memasang rambu pengamanan. Sedangkan, untuk evakuasi material dibutuhkan membutuhkan alat berat berupa beko.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.