Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

Jalan Sodonghilir – Pamijahan Tasik Akhirnya Amblas, Tak Bisa Dilalui Kendaraan

2182
0

SODONGHILIR – Kekhawatiran warga akan kondisi badan jalan penghubung Sodonghilir – Pamijahan, Parungponteng dan Karangnunggal yang retak-retak, Jumat (19/06), ternyata terbukti.

Akibat diguyur hujan deras dengan intensitas yang sangat tinggi, Sabtu (20/06) dini hari, jalan tersebut akhirnya amblas.

Abah Ade, warga sekitar menuturkan, retakan jalan sejak Jumat sore mulai membesar.

Intensitas hujan yang terus mengguyur wilayah dataran tinggi ini membuat celah retakan jalan di sisi tebing bukit Sodonghilir ini semakin melebar.

“Akhirnya jalannya amblas terbelah. Jalan terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan,” ujarnya, Sabtu pagi.

Ia mengatakan aparat dari polisi dan TNI dan Pemerintahan Desa serta Kecamatan setempat sudah mengecek lokasi.

Di sana (lokasi longsor jalan, Red) dipasang garis pembatas berwarna kuning supaya warga dan pengendara tidak melewati areal berbayaha tersebut.

Longsoran tebing menuju kampung Datar Jeruk itu baru kali pertama terjadi. Kini akses masyarakat dari arah Kecamatan Parung Ponteng, Derah dan sekitarnya terputus total.

Pengendara yang ingin masuk ke Kecamatan Sodonghilir, terpaksa harus memutar arah ke jalur Desa Cipaingeun dan Muncang atau melalui jalur Desa Sepatnunggal.

“Kami berharap pemerintah Kabupaten Tasikmalaya atau dinas terkait segera menangani kerusakan ini supaya akses jalan ini bisa kembali digunakan oleh masyarakat,” harapnya.

“Selain itu ada beberapa titik jalan rusak yang sudah parah tidak jauh dari lokasi amblas ini, semoga pemerintah juga sekaligus memperbaikinya,” ungkap Ade.

Sebelumnya, Kepala Desa Sodonghilir Lilis Khoirotul Arifin mengatakan, jalan itu merupakan akses penting bagi warga desa Sodonghilir dan desa-desa sekitarnya.

Jika tidak segera diperbaiki maka akan mengganggu juga pada perekonomian masyarakat.

“Jalan ini merupakan jalan kabupaten, juga merupakan jalan akses penghubung menuju ke kecamatan lain yaitu Kecamatan Parungponteng dan Karangnunggal,” ujarnya.

“Untuk ke jalur timur menuju Objek Wisata Pamijahan. Jika tidak segera di tanggulangi takutnya akan memutus akses dan menghambat perekonomian masyarakat. Saya harap Dinas PU dapat segera menindaklanjuti,” sambung Lilis.

Berikut video Netizen jalan Sodonghilir – Pamijahan yang amblas :

(Cecep Herdi)

Berita terkait : Jalan Sodonghilir-Pamijahan Tasik Retak-retak, Warga Resah
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.