Jalan Tertimbun, Rumah Terbakar

6

CIAMIS – Pada Selasa (4/12) telah terjadi longsor di Dusun Karangcingkrang Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican yang menutup jalan desa sekitar pukul 08.00. Di hari yang sama sekitar pukul 02.00, rumah milik H Epon Rokayah (77) di Dusun Cikalapa RT 04 RW 02 Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti terbakar.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menerangkan longsor tersebut berasal dari sawah milik Huses (45). Tingginya mencapai 8 meter dan lebarnya 15 meter. Akibat longsor ini akses menuju Desa Sidamulih ke Desa Mekarmulya atau pun sebaliknya tertutup. “Material belum bisa disingkirkan, karena memerlukan alat berat. Karena tanah yang menimbun cukup tinggi,” jelas Ade kemarin sore.

Sementara mengenai rumah kebakaran, kata dia, diduga berasal dari tungku api yang tidak dimatikan. Sehingga merembet ke bahan-bahan yang mudah terbakar. Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. “Kami mengimbau kepada masyarakat, meski saat ini musim hujan, namun potensi kebakaran bisa terjadi kapan saja, bila memang ada keteledoran,” papar Ade.

Kasi Pelayanan Desa Mekarmulya Suparman menerangkan untuk membersihkan tanah yang menutup jalan itu perlu alat berat. Sehingga saat ini belum bisa dibersihkan. Hari ini (5/12), diupayakan alat berat bisa didatangkan agar evakuasi longsor bisa lebih cepat.

Bila jalan ini masih tertutup, maka akses perekonomian dan pendidikan akan terhambat. Apalagi, banyak anak-anak Mekarmulya yang sekolah ke Sidamulih. Para pelajar pun harus memakai jalan alternatif lain ke Dusun Cinyawar dan Cikupa dengan jarak tempuh mencapai 20 kilometer. Beda halnya jika menggunakan jalan Mekarmulya-Sidamulih yang berjarak 3 kilometer. “Semoga saja jalan bisa kembali normal dan tidak ada kejadian lagi,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.