Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.6%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

Jalur KA Cibatu-Garut Mulai Diujicoba

120
0
UJI COBA. PT Kereta Api Indonesia mulai melakukan uji coba lintasan Kamis (23/1). yana taryana / rakyat garut

GARUT KOTA – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mulai melakukan uji coba lintasan kereta api jalur Cibatu-Garut sepanjang 19,5 kilometer. Dalam uji coba itu, PT KAI menggunakan lokomotif CC 2017723 yang berangkat dari Stasiun Cibatu sampai Stasiun Garut.

Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung Fredi Firmansyah mengatakan kedatangan lokomotif itu bagian dari uji coba yang merupakan rangkaian uji teknis sebelum beroperasi. “Pada 19 dan 21 Januari kami menggunakan kereta kerja sebanyak dua kali untuk uji coba. Untuk lokomotif baru kali ini dilakukan,” ucapnya usai uji coba di Stasiun Garut Kecamatan Garut Kota Kamis (23/2).

Baca juga : Mandala Sudirman Residence Garut Promo Gede-Gedean

Ia menilai keseluruhan uji coba berjalan lancar. Pihaknya akan memperbaiki kekurangan yang ada secara teknis. Misal penambahan bagian dari badan jalan kereta api tempat penempatan bantalan atau ballast.

Fredi menyebut uji coba dari Stasiun Cibatu hingga Garut itu untuk menguji kekuatan rel. Apalagi sarana yang paling berat adalah lokomotif. “Beratnya (lokomotif) mencapai 85 ton sudah bisa masuk. Tadi uji coba kecepatannya hanya 20 sampai 25 kilometer per jam. Artinya secara teknis sudah siap,” katanya.

Fredi menyebut operasional Kereta Api Cibatu-Garut direncanakan PT KAI pada akhir Januari atau awal Februari. Setelah uji coba lokomotif, pihaknya akan menguji coba dengan satu rangkaian kereta. Terdiri dari satu lokomotif dan tujuh gerbong penumpang. “Akhir bulan (Januari) atau awal Februari sudah launching. Untuk operasional sudah bisa dilakukan. Untuk bangunan nanti menyusul,” katanya.

Saat awal operasional nanti, PT KAI akan menggratiskan tiket kereta Cibatu-Garut. Pihaknya akan menggunakan kereta kelas ekonomi dan melihat animo masyarakat. “Satu gerbong itu maksimal 100 penumpang kelas ekonomi. Ada tujuh gerbong dalam satu rangkaian kereta. Uji coba gratis dulu. Kalau dibutuhkan, nantinya bisa ada kereta eksekutif,” ucapnya.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.