Jambore PAUD Bentuk Karakter Anak

87
0

SINGAPARNA – Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya menggelar Jambore PAUD tingkat kabupaten di Hotel Dewi Asri, Rabu (31/7).

Kegiatan tahunan ini mengusung tema “Bersama Kita Wujudkan Generasi Emas yang Kreatif, Inovatif, Cerdas, Ceria dan Berkarakter”. Ada beberapa perlombaan yang digelar pada jambore tersebut. Di antaranya lomba mewarnai, dai cilik dan fashion show.

Kabid PAUD DIKMAS Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Atang MPd mengatakan, kegiatan ini diikuti perwakilan PAUD setiap kecamatan. Jambore ini tujuan utamanya adalah meningkatkan mutu pendidikan khususnya di bidang pendidikan anak usia dini.

“Sesuai Permendikbud Nomor 137 tentang Standar Pelayanan Pendidikan itu memberikan pendidikan kepada anak. Sehingga anak menjadi pembelajar bukan anak yang malas belajar,” katanya kepada Radar, Rabu (31/7).

Jambore ini, lanjut dia, sangat penting sekali bagi tumbuh kembang anak usia dini. Karena bisa membangun karakter dan generasi andal di masa yang akan datang. “Jambore ini dapat mengasah kemampuan pribadi anak yang menjadi potensi untuk terus berprestasi serta diharapkan mampu lahir pemimpin-pemimpin andal,” ujarnya.

Kasi PAUD Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Sera Sani Verana SPd MPd mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah dan upaya untuk membentuk anak-anak yang berkualitas. Anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar.

“Momentum ini diharapkan dapat memacu semangat  para pengelola dan tenaga pendidik PAUD untuk menumbuh kembangkan anak didiknya,” harapnya.

Ketua PD Himpaudi Kabupaten Tasikmalaya Mulatsih Sri Utami SPt MM mengatakan, jambore PAUD ini merupakan suatu kegiatan yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar siswa siswi PAUD. Serta mampu mengasah keterampilan siswa dari berbagai bidang. “Salah satu tujuannya guna menumpuk karakter anak agar kreatif, inovatif, mandiri dan percaya diri,” ujarnya.(obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.