Jamkrindo Cabang Tasikmalaya Berikan Bantuan Sosial bagi Masyarakat yang Terdampak Covid-19

100
0

TASIK – PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Cabang Tasikmalaya menyaluran bantuan sosial kepada masyarakat sekitar Tasikmalaya dan dua yayasan di Kota Tasikmalaya, dalam program Peduli Covid-19.

Kegiatan yang telah berlangsung pada Rabu tanggal 20 Mei 2020 berupa penyaluran sembako yang dibagikan kepada warga Kelurahan Setiawangi dan masyarakat sekitar Kota Tasikmalaya.

Sebanyak 100 paket disalurkan Jamkrindo Tasikmalaya.
Melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) terhadap kondisi pandemi saat ini, Jamkrindo turut langsung bergerak dalam memberikan bantuan bagi masyarakat yang berkebutuhan.

Dimana bantuan ini merupakan donasi dari karyawan/ti PT Jamkrindo.
Beberapa kegiatan yang dilakukan selain pembagian sembako kepada masyarakat luas yakni menyalurkan sembako dan santunan kepada Yayasan panti asuhan.

Kepala Cabang PT Jamkrindo Tasikmalaya M. Zaky Nuruddin menjelaskan,Gerakan social tersebut di galang dari donasi karyawan/ti PT Jamkrindo bersama anak perusahaan PT Jamkrindo Syariah.

Gerakan social berupa penyaluran bantuan kepada masyarakat dan santunan kepada anak yatim ini sebagai wujud empati terhadap dampak Covid 19.

Donasi tersebut berasal dari potongan gaji, potongan THR dan uang apresiasi perusahaan untuk karyawan yang dilakukan secara sukarelaadapun untuk kegiatan santunan anak yatim dilaksanakan di dua tempat yakni Yayasan Al Alaq di Setiaratu Kecamatan CIbeureum dan Yayasan Panti Asuhan Az Zahra di Jalan BKR Kecamatan Tawang.

”Kami menyalurkan bantuan sebesar Rp 10 juta, diberikan kepada dua yayasan Al Alaq dan Az Zahra, ini kegiatan dari perusahaan yang rutin diadakan setiap tahun, kebetulan sekarang dalam kondisi Pandemi Covid-19,” ujarnya, Kamis (21/5).

Menurutnya bantuan yang diberikan kepada Yayasan AL Alaq total sebesar Rp 5 juta dan Yayasan Az Zahra sebesar Rp 5 juta.

”Yang diberikan dalam bentuk sembako sebesar Rp 1juta, santunan anak yatim Rp 2 juta dan yayasan Rp 2 juta,” ucapnya.

Hampir setiap tahun pihaknya melaksanakan baksos di yayasan tersebut dan hal itu menjadi spirit mereka untuk terus menebar kebaikan.

”Mudah-mudahan momen lebaran tahun depan kita masih bisa menyalurkan bantuan sosial kepada dua yayasan ini,” jelasnya.

Ia pun berharap, bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi yayasan dan peserta didik dalam menghadapi Covid-19.

”Karena kita tahu kondisi saat ini sangat sulit bagi banyak masayarakat terutama anak-anak dan pengurus di dua yayasan ini, semoga apa yang kita berikan bisa bermanfaat bagi mereka,” ujarnya.

Secara nasioanal, menurut dia, Jamkrindo sudah menyalurkan 6.600 paket sembako dengan total Rp 2,9 miliar.

”Kemudian alat kesehatan dan bantuan pendidikan juga ada, mungkin nanti disalurkannya setelah lebaran, ”katanya.

Pengurus Yayasan AL Alaq Nur Holis mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Jamkrindo atas bantuan sosial tersebut.

”Mudah-mudahan bantuan ini banyak manfaatnya bagi kami, “ ucapnya.

Menurut dia sudah tiga tahun mereka diberi bantuan sosial oleh PT Jamkrindo Tasikmalaya. ”Saya sangat terharu atas kepeduliannya kepada kami disini,” ujarnya.

Jamkrindo Sumbang Gaji dan THR untuk Gerakan Sosial

Direksi dan karyawan PT Jamkrindo dan anak usahanya PT Jamkrindo Syariah menginisiasi gerakan sosial penyaluran bantuan kepada masyarakat, rumah sakit, puskesmas dan kilinik, sebagai wujud dan empati terhadap dampak Covid-19.

Donasi tersebut berasal dari potongan gaji direksi, THR dan uang apresiasi perusahaan untuk karyawan secara sukarela.

Direktur utama Jamkrindo Randi Anto melalui siaran persnya mengatakan “Pihaknya sangat bersyukur disaat Pandemi Covid-19 melanda semua jajaran PT Jamkrindo dan anak usahanya bisa menyisihkan sebagian dari yang seharusnya mereka terima.

Kami ingin bersama-sama membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan rumah sakit, klinik yang menjadi garda terdepan penanganan pandemi Covid-19,” ujar Randi.

Bantuan akan diberikan dalam bentuk bahan makanan sebanyak 6.600 paket, bantuan kesehatan (alat pelindung diri lengkap, ventilator, masker medis, nonmedis, handsanitizer) dan bantuan pendidikan.

“Bantuan kesehatan akan disalurkan ke sejumlah lembaga kesehatan untuk mendukung penanganan bagi masyarakat.

Adapun beasiswa pendidikan diarahkan untuk anak-anak tenaga kesehatan dan masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pemutusan hubungan kerja agar tetap bisa melanjutkan pendidikan anak-anaknya.

Program ini juga sejalan dengan program dalam rangka HUT Jamkrindo, yakni Jamkrindo Peduli Kesehatan,” tuturnya.

Selain bantuan dari donasi insan Jamkrindo, Randi mengatakan bahwa PT Jamkrindo juga telah menyalurkan bantuan bina lingkungan secara berkelanjutan di beberapa titik di seluruh Indonesia.

Bantuan yang telah didistribusikan baik secara langsung oleh PT Jamkrindo maupun melalui satgas Bencana BUMN di berbagai provinsi dan kabupaten telah mencapai Rp 1,757miliar.

”Kami akan terus mendistribusikan secara berkelanjutan dalam semangat gotong royong Indonesia bangkit berupa alat kesehatan, alat pelindung diri lengkap, masker medis dan nonmedis ke rumah sakit serta puskesmas dan juga memberikan bantuan sembako,” ujarnya.

Tak hanya itu, Jamkrindo juga berkomitmen membantu UMKM agar bisa memiliki daya tahan dalam situasi pandemi ini.

Komitmeni ini ditujukan dengan berbagai inisiatif strategi seperti penyaluran pinjaman kemitraan dan melakukan pendampingan UMKM.

Pemberian kredit modal kerja melalui pinjaman kemitraan ini diharapkan bisa membantu menggerakkan roda perekonomian khususnya bagi pengusaha mikro yang feasible but not bankable.

“Kami senantiasa dan berkomitmen untuk terus menjalankan program kemitraan ini. Program Kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Jamkrindo agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Randi Anto.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Jamkrindo konsisten mendampingi mitra binaan.

Di Ciletuh Palabuhan ratu Unesco Global Geopark, Jamkrindo memberikan bantuan pelatihan dan penyediaan sayuran organik dengan sistem tanam hidroponik untuk Asosiasi Homestay Ciletuh sejak pertengahan Maret lalu untuk memberi nilai tambah bagi homestay dan pendapatan sampingan pemilik homestay.

Metode pelatihan dilaksanakan secara online untuk menghindari pertemuan atau tatap muka dan para peserta pelatihan dibekali pengetahuan mengenai jaga jarak fisik secara aman (physical distancing) untuk membatasi kontak fisik sesame anggota Asosiasi Homestay Ciletuh selama proses penanaman sayuran secara hidroponik.

Sejalan dengan perkembangan perekonomian saat ini, PT Jamkrindo juga melakukan restrukturisasi pinjaman kemitraan bagi mitra yang terdampak pandemi Covid-19.

Bentuk restrukturisasi itu adalah perpanjangan masa pinjaman atau penundaan pembayaran angsuran dengan mengacu pada pengajuan dari mitra binaan.

Hal ini dilakukan oleh PT Jamkrindo sebagai respons dan tanggungjawab perusahaan dalam menyikapi pandemi Covid-19.

PT Jamkrindo adalah perusahaan penjaminan yang saat ini merupakan anggota holding Asuransi dan Penjaminan dengan induk holding PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero).

Sebagai perusahaan penjaminan terbesar di Indonesia, Jamkrindo berkomitmen untuk senantiasa memberikan penjaminan bagi para mitra perbankan dan lembaga keuangan non bank.

(realese)

Video Pilihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.