Kinerja ASN Akan Dipantau Sebelum dan Setelah Libur Lebaran

Jangan Abaikan Imbauan KPK

71
0
H Muhammad Yusuf

TAMANSARI – Memasuki pekan terakhir Ramadan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan memantau kinerja para pegawai supaya pelayanan terhadap masyarakat tetap terjamin berjalan dengan baik. Para aparatur sipil negara (ASN) juga diingatkan untuk tidak memakai kendaraan dinas untuk mudik sebagaimana imbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf menyebut tidak ada alasan bagi pegawai untuk bermalas-malasan bahkan tidak disiplin saat menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, dia menekankan ASN beraktivitas seperti biasa sampai memasuki masa cuti Idul Fitri mendatang yang dijadwalkan 1-9 Juni. “Jangan bermalas-malasan bahkan tidak disiplin. Justru bekerja di bulan suci ini kita berlomba mendapatkan keberkahan,” ucapnya kepada wartawan saat menghadiri peresmian pembangunan tahun anggaran 2018 di Kecamatan Tamansari, Selasa (21/5).

Selain itu, kata dia, setelah Lebaran pun pihaknya akan memastikan pelayanan masyarakat berjalan seperti sediakala. ASN yang membandel bolos di hari pertama kerja, akan disanksi tegas sesuai peraturan berlaku. “Nanti pegawai itu masuk lagi 10 Juni. Kalau waktunya masuk, ya masuk. Pelayanan kembali berjalan,” ujar dia.

Pihaknya akan membentuk tim khusus untuk melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke setiap instansi pemerintahan. Sidak itu untuk memastikan kehadiran pegawai tepat waktu di hari pertama kerja usai libur hari raya. “Kalau nanti tim sidak temukan ada pegawai beralasan sakit, harus bisa dibuktikan dan dipertanggungjawabkan. Ada sanksi nanti sesuai PP 53 Tahun 2014 tentang Disiplin Pegawai,” kata Yusuf.

Dia pun berpesan, pejabat yang hendak mudik ke luar kota untuk tidak menggunakan kendaraan dinas. Hal ini sesuai imbauan pemerintah pusat termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Kalau dalam kota mungkin masih bisa, asal tidak dibawa mudik ke luar kota. Lebih aman kendaraan dinas tidak digunakan mudik, lagian KPK sendiri mengimbau ya kita ikuti saja,” kata dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.