Jangan Berani Selewengkan Dana Desa

74
PELANTIKAN KADES. Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin melantik sebanyak 40 kepala desa di Gedung Islamic Centre (GIC), Rabu (26/12).

CIAMIS – Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin mengingatkan para kepala desa (kades) untuk tidak menyalahgunakan dana desa (DD). Pasalnya, pengelolaan uang negara itu pasti dipantau aparat penegak hukum.

Dari tahun ke tahun, kata Iing, perhatian pemerintah pusat terhadap desa terus meningkat. Dana yang digelontorkan pun sangat besar.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis saja mendapatkan Rp 240 miliar untuk dibagikan ke 258 desa. Setiap desa mendapatkan sekitar Rp 1 miliar.

Setelah dana dikelola desa, terang dia, sudah menjadi tanggung jawab kepala desa (kades). “Saya titipkan kepada semua kepala desa agar hati-hati dalam menggunakan dana desa,” papar Iing usai melantik 40 kades terpilih hasil Pilkades 2018 di Gedung Islamic Centre (GIC), Rabu (26/12).

Iing juga berpesan agar para kades menjalankan amanat rakyat. Jangan sampai habis masa jabatan menyisakan banyak kekecewaan masyarakat. Bila masyarakat kecewa akan berdampak tidak baik terhadap pembangunan.

“Bila ada dukungan dana desa, daerah-daerah bisa terus membangun. Bahkan bisa menyejahterakan masyarakat di pedesaan,” paparnya.

Selain itu, kades harus mampu mengatasi berbagai persoalan di lingkungan masyarakat. Masyarakat juga harus membantu pemerintah desa agar proses pembangunan lancar. Jangan sampai kades berjalan sendiri. Karena mereka dipilih oleh rakyat.

Asisten Daerah (Asda) 1 Setda Kabupaten Ciamis Drs Adang Daradjat MM menambahkan dari 40 kades yang dilantik itu, sebanyak 39 kades hasil Pilkades 2018 serentak sedangkan satu kades hasil penggantian antar waktu (PAW). PAW ini ada di Desa Gandasari Kecamatan Cisaga yang akan melaksanakan pilkades pada 2020. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.