Jangan Gegabah Beri Izin Mall Cilembang

197
0
Asep M Tamam

TASIK – Penga­mat sosial dan peme­rintahan Tasikmalaya Asep M Tamam menilai eks Terminal Cilem­bang tidak tepat bila dijadikan pusat perbelanjaan atau mall. Pasalnya, kawasan tersebut berdekatan dengan Pasar Induk Cikurubuk.
“Saya yakin itu akan menggerus konsumen pasar tradisional,” terang dia saat dihubungi Radar melalui sambungan telepon, Sabtu (30/12).
Maka dari itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya harus benar-benar serius dalam mengkaji pemanfaatan aset milik Pemkab Tasikmalaya itu. “Mestinya pemerintah kota dalam memberikan izin lebih berhati-hati,” ungkap dia.
Mal itu, terang dia, merupakan tempat belanja nyaman dan bersih. Maka dari itu, bisa menggerus konsumen Pasar Induk Cikurubuk bila dilihat dari kondisi riil pasar saat ini. Apalagi jaraknya begitu dekat.
Namun, kata Asep, apabila aset tersebut tetap dipaksakan untuk dijadikan mall, produk-produk yang dijual harus benar-benar beda dengan yang ada di Pasar Induk Cikurubuk. Tetapi hal ini sangat sulit.
Menurut Asep, eks Terminal Cilembang itu alangkah baiknya dijadikan wahana hiburan. Di samping bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bisa meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat. “Itu harus bisa menghadirkan Pen­dapat­an Asli Daerah (PAD) untuk kabupaten begitu pun PAD Pemerintah Kota Tasikmalaya supaya saling meng­untungkan,” terang dia.
Dia juga menyarankan agar investor yang akan mengelola eks Terminal Cilembang itu berasal dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.
Sementara itu, pas­ca­pem­bongkaran bangunan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Abdul Kodir MPd meminta masyarakat tidak mengambil sisa bangunan yang dirobohkan. Karena semua reruntuhan merupakan aset negara. “Itu merupakan aset negara yang harus dijaga oleh kita,” katanya.
Penghapusan aset negara itu, jelas dia, ada tahapannya. Bila diambil begitu saja bisa kena pidana. Kalau pun mau masyarakat harus ikut lelang pada waktunya. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.