Terlalu Berat Kalau Ade Bekerja Sendiri

Jangan Terkesan Tak Ingin Berbagi

122
Ketua GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya Asep Muslim

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Ketua GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya Asep Muslim menilai pengisian jabatan wakil bupati (wabup) harus mengacu kepada Undang-Undang No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Bahwa ketika terjadi kekosongan jabatan tersebut harus dilakukan pengisian.

“Itu merupakan amanat undang-undang harus ada wakil bupati, berarti di sana ada pembagian kekuasaan tugas pokok dan fungsinya,” ujarnya kepada Radar, Selasa (6/11).
Asep menilai dengan amanat perundangan tersebut, jabatan wakil bupati mempunyai tugas yang berbeda dengan bupati. Sehingga tidak bisa digantikan oleh bupati itu sendiri atau bahkan sekretaris daerah (sekda). Misalnya wakil bupati lebih kepada pengawasan dan pengentasan kemiskinan.

“Jadi apakah cukup dengan hanya bupati dan sekda saja untuk menjalankan roda pemerintahan dengan Kabupaten Tasikmalaya yang sangat luas ini. Sekda jabatan birokrasi, sedangkan wakil bupati politik, jadi posisinya tidak bisa diisi oleh sekda,” terangnya.

Untuk kinerja yang optimal, kata dia, diharapkan ketika Ade Sugianto dilantik menjadi bupati definitif untuk segera menentukan wakilnya. “Jangan terkesan Pak Ade tidak ingin berbagi kekuasaan atau ingin segala sendirian kalau tidak menentukan wakil bupati di sisa periode ini,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tasikmalaya Nana Sumarna mengaku sepakat dengan Ketua PCNU Atam Rustam bahwa untuk penyeimbang dalam menjalankan roda pemerintahan ini harus segera ditentukan siapa wakil bupatinya setelah Ade Sugianto dilantik menjadi bupati definitif. “Apalagi pengisian wakil bupati ini merupakan amanat undang-undang,” bebernya.

Selain itu, kata Nana, kasihan juga kalau Ade Sugianto harus bekerja sendiri dalam mengurus 351 desa dan 39 kecamatan yang sangat luas ini. Maka dari itu, jabatan wakil bupati sangat penting untuk membantu dan menyeimbangkan kebijakan yang diambil kepala daerah. (yfi)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.