Jangan Tersandera Tahun Politik, Tiga Nama Calon Sekda Disodorkan kepada Bupati

152
0

SINGAPARNA – Hasil seleksi calon sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Tasikmalaya sudah mengerucut tiga nama dari lima pendaftar. Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Tasikmalaya Dr H Muhamad Solihin MSi kepada Radar, Rabu (11/12).

Kata dia, hasil keputusan panitia seleksi sudah mengerucut tiga nama, karena dua lainnya tidak lolos. Nama yang lolos dan akan diserahkan ke bupati untuk dipilih satu yakni Dr H Mohamad Zen, Drs Roni Ahmad Sahroni MM dan Drs Yusep Ysutisiawandana. Sedangkan yang tidak lolos Drs Nana Heryana MM dan Drs Rahayu Jamiat SSOs.

“Siapa saja yang lolos, surat tembusannya sudah disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian PAN dan RB, bupati Tasikmalaya dan ketua KASN,” ujarnya.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengembangan Karier dan Promosi pada BKPSDM Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Zaki Rusyana menambahkan, rencananya pada Rabu (11/12) malam akan menyampaikan tiga nama yang lolos seleksi ke Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto.

“Sambil menunggu keluarnya rekomendasi KASN, kita sampaikan ke bupati. Jadi di mana sudah ada rekomendasi, Pak bupati bisa memilih satu di antara tiga nama tersebut dan mudah-mudahan Desember ini sekda definitif bisa diisi,” katanya.

Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya Deni Daelani mengatakan, pihaknya mengapresiasi jabatan sekda definitif akan segera terisi. Pasalnya, sudah terlalu lama, posisi panglima ASN ini kosong.

“Siapa pun yang nanti terpilih harus mampu mengoptimalkan pelayanan publik. Kemudian bisa membenahi birokrasi dan menjabarkan visi misi serta RPJMD Kabupaten Tasikmalaya,” katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Fraksi Partai Demokrat, Cecep Nuryakin mengatakan banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi oleh sekda terpilih. Kemudian harus mampu memformulasikan APBD bersama DPRD supaya bisa benar-benar memprioritaskan kepentingan masyarakat. “Sekda itu harus komunikatif dan mampu memimpin ASN di Tasikmalaya,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, yang paling penting calon sekda definitif ini tidak sampai tersandera dengan tahun politik, Pilkada 2020. “Sekda bersama pasukannya harus benar-benar netral dan jangan tergoda oleh apa pun pada tahun politik ini. Melainkan harus fokus kepada tugas dan fungsi seorang ASN,” katanya, menjelaskan. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.