Janji Sampaikan Unek-Unek THL

356
0
IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA DISKUSI. THL-TBPPD Provinsi Jawa Barat menyampaikan aspirasi kepada anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Ir H Herry Dermawan Jumat (8/12).

CIAMIS – Sejumlaah tenaga tenaga harian lepas dan tenaga bantu penyuluh pertanian daerah (THL-TBPPD) menyampaikan unek-unek kepada anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Ir H Herry Dermawan. Para pendamping pertanian di pedesaan ini meminta diangkat menjadi PNS dan dinaikkan kesejahteraannya.
“Itu unek-unek dan aspirasi yang kami terima dari mereka (THL dan TBPPD, Red). Tentu akan menjadi bahan pembahasan di DPRD provinsi nantinya,” kata Heryy usai silaturahmi dengan THL-TBPPD di salah satu rumah akan di Jalan Murod Idrus Kabupaten Ciamis Jumat (8/12).
Dia mengungkapkan saat ini jumlah THL yang digaji pemerintah pusat di Ciamis mencapai 77 orang. PNS-nya ada 33 orang. Ditambah THL senior yang telah diangkat sebelumnya sekitar 100 orang. Mereka akan pensiun pada 2019. Sementara THL yang digaji pemerintah provinsi jumlahnya 68 orang dan semuanya belum PNS. Mereka dikontrak per satu tahun.
Herry berjanji akan memperjuangkan nasib THL-TBPPD. Termasuk soal perpanjangan kontrak. Dia juga berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis ikut memperjuangkan nasib THL. “Kalau tidak diperpanjang, yang mengurus petani siapa. Percuma pemerintah pusat bagi traktor, pupuk, bibit dan segala macem kalau tidak ada pendampingan tidak akan jadi apa-apa. Pencapaian target gabah tidak akan tercapai,” tandasnya.
Untuk kesejahteraan, kata dia, selama ini THL baik pusat maupun provinsi sama-sama memberi honor untuk 10 bulan. Dua bulan sisanya dibayar oleh kabupaten/kota atau pemerintah daerah sebesar Rp 600.000 / bulan. Diharapkan pemerintah daerah meningkatkan honor THL agar sesuai dengan UMR. Sebab, di dareah lain THL diberi honor Rp 1,2 juta. Untuk Ciamis yang memiliki banyak sawah, kata dia, honor ideal para THL adalah Rp 1,5 juta per bulan. “Jangan kalah dengan Pangandaran,” katanya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.