Bawaslu Ciamis Bertekad Awasi Ketat Pileg-Pilpres 2019

Janji Tegas, Tetap Jaga Kondusivitas

8

CIAMIS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yang sebelumnya Panwaslu, Kabupaten Ciamis bersyukur Pilkada Serentak 2018 berjalan lancar dan kondusif.

Ke depan, mereka memiliki tugas mengawasi Pileg dan Pilpres 2019. Itu juga dilaksanakan bersamaan.

“Kami bersyukur dengan pemilu terutama Pemilu Bupati dan (Pemilu) Gubernur di Ciamis, meskipun kami menjalankan tugas dengan tegas kepada semua pelanggaran pemilu, berjalan kondusif,“ ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan usai sosialisasi hasil pengawasan dan penindakan pelanggaran pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati 2018, Kamis siang (23/8) di aula salah satu hotel di Ciamis.

Saat bekerja nanti, komisioner Bawaslu Ciamis akan berkoordinasi dengan semua pihak. Termasuk KPU Ciamis.

“Tetap tupoksi (tugas, pokok dan fungsi, Red) kami adalah pengawasan, tetap akan bekerja sesuai peraturan dan menindak juga sesuai perautan dan tetap kami akan tegas dalam menjalankan aturan tesebut,” ucapnya.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Kikim Tarkim SAg MSi juga bersyukur Pilkada Ciamis dan Pemilihan Gubernur 2018 berjalan aman dan kondusif.

Pihaknya berterima kasih kepada aparat keamanan dan pemerintah terkait serta pihak lainnya atas keberhasilan menyelenggarakan hajatan demokrasi yang berjalan dengan baik.

”Namun tentunya, pemilu (Pileg dan Pilpres 2019, Red) sekarang jauh lebih berat daripada tahun kemarin, pasalnya Pileg itu ada 602 caleg DPRD Kabupaten Ciamis yang mendaftarkan diri ke KPU untuk menjadi anggota dewan. Belum ditambah Pilpers,“ paparnya.

Tantangan KPU ke depan yaitu menaikkan partisipasi pemilih dalam Pileg dan Pilpres 2019.

“Kami yakin bila semua kerja sama dengan baik, partisipasi di Pemilu tahun 2019 akan naik lagi,“ yakinnya.

Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Ciamis Drs H Adang Darajat MM tak lupa juga bersyukur dan berterima kasih atas kinerja KPU dan Panwaslu (yang sekarang berubah menjadi Bawaslu) Ciamis. Kedua lembaga tersebut menghadirkan hajatan demokrasi yang sukses tanpa ekses.

Ke depan, saat Pileg dan Pilpres 2019, KPU dan semua pihak harus bisa menaikkan angka partisipasi pemilih. Terlebih, di Pilkada Serentak 2018, angka partisipasi pemilih di Ciamis naik. Sebelumnya, 68% menjadi 78,82%.

”Semoga di Pemilu tahun 2019 angka partisipasinya bisa kembali naik,” harapnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.