Jatah Jabatan Wakil Bupati Masih 27 Bulan

37
Ilustrasi Lelang Jabatan

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin mengatakan jika Ade Sugianto dilantik bulan ini, otomatis posisi wakil bupati kosong dan jatah jabatannya masih menyisakan sekitar 27 bulan lagi. Karena periode kedua Uu-Ade akan habis Maret 2021.

“Dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada pada Pasal 176 ayat (4) disebutkan bahwa ketika ada kekosongan jabatan gubernur, wakil gubernur, wali kota, wakil wali kota, bupati dan wakil bupati dengan sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan maka harus diisi,” ujarnya kepada Radar, Selasa (6/10).

Mekanisme penentuan wakil kepala daerah, kata dia, partai pengusung dalam hal ini PDI Perjuangan, PAN dan PKS mengusulkan dua nama kepada bupati definitif untuk ditentukan satu terbaik oleh DPRD dalam rapat paripurna.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat menjelaskan soal jabatan wakil bupati memang penting. Akan tetapi, tidak harus juga diisi. Karena persoalan ada dan tidaknya tergantung kesepakatan semua termasuk bupati, DPRD dan partai pengusung. “Mau ada wakil silahkan, mau tidak ada wakil boleh,” terangnya.

Maka dari itu, DPRD meminta bupati definitif dan pengusung meminta masukan dari tokoh masyarakat, agama atau secara umum melihat kepentingan adanya wakil bupati. Sehingga keputusan perlu atau tidaknya wakil bupati berdasarkan pertimbangan yang matang. “DPRD juga tidak bisa memaksakan harus mengusulkan wakil. Itu terserah dari pengusung dan bupati,” katanya. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.