Jawaban Tite, 0 Peru vs Brasil 5

86
0
twitter SELEBRASI. Pemain Brasil Dani Alves selebrasi dengan memeluk Thiago Silva usai menang atas Peru, kemarin.

SAO PAULO – Pelatih Timnas Brasil Tite begitu gembira saat timnya menutup laga dengan kemenangan 5-0 atas Peru, Minggu (23/6) pagi kemarin. Senyum Tite itu seolah menjawab kritik yang selama gelaran Copa America 2019 ini terus menerus menghajar timnya.

Kemenangan itu membawa Brasil menjuarai Grup A dan memastikan diri lolos ke babak perempat final dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Sementara Venezuela, yang berlaga di partai lainnya menang 3-1 atas Bolivia.

Venezuela finis dengan lima poin dan mendampingi Brasil lolos ke babak berikutnya. Sementara itu, Peru finis peringkat tiga dengan empat poin, dan Bolivia yang kalah melulu berada di posisi paling bawah.

Mengusung pola 4-2-3-1 dengan menempatkan Roberto Firmino sebagai striker tunggal ternyata berjalan sangat efektif. Sedangkan Gabriel Jesus, Coutinho dan Everton Soares juga mampu bermain bagus sebagai gelandang serang.

Hasilnya, pertahanan Peru yang digalang Advincula, Araujo, Abram dan Trauco babak belur dibombardir Brasil. Bermain di Arena Corinthians Sao Paulo, di babak pertama, Brasil sudah unggul 3-0 lewat gol-gol Casemiro menit 12, Roberto Firmino menit 19 dan Everton Soares menit 32.

Kapten Dani Alves mengubah skor jadi 4-0 di menit 53, kemudian Willian yang masuk babak kedua menggantikan Coutinho menyempurnakannya dengan 5-0 di menit 90. Gabriel Jesus bisa saja membuat Brasil menang 6-0, tapi eksekusi penaltinya saat injury time ditepis oleh kiper lawan.

“Kami bermain sangat efektif. Ini adalah salah satu pertandingan terbaik yang kami jalani. Sejak kami mencetak gol di babak pertama, kami terus mempertahankan cara bermain seperti itu,” terang pelatih Brasil di Tite seperti dilansir Sky Sports.

Di babak pertama, Brasil mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 63 persen. Mereka unggul jumlah tembakan tepat sasaran 4 berbanding 1. Gol Casemiro lewat sebuah situasi corner, gol Firmino memanfaatkan kesalahan kiper Pedro Gallese dan gol Everton dari luar kotak penalti pun membuat Brasil berada di posisi yang sangat bagus.

Casemiro mencetak gol perdananya untuk Brasil, dalam penampilan ke-39. Dia mencetak gol itu lewat tembakan tepat sasaran pertamanya di turnamen Copa America.

Brasil menjadi tim ketiga yang lolos ke perempat final, menyusul Kolombia (Grup B) dan juara bertahan Chile (Grup C).

Di edisi sebelumnya, di Copa America Centenario 2016, Brasil besutan Dunga secara memalukan kandas di penyisihan grup. Sekarang, bertindak sebagai tuan rumah, Brasil berharap mampu tampil sebagai juara.(wsa/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.