Jawara Silat Siap Amankan Pilkada

214
ATRAKSI. Jawara dari salah satu pedepokan menampilkan atraksi pencak silat saat sosialisasi Pilkada di Alun-Alun Garut Selasa (15/5). (Yana Taryana/radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

GARUT KOTA – Para jawara silat di Kabupaten Garut siap menjaga dan mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018.

“Kami siap untuk menjaga pelaksanaan Pilkada supaya berjalan lancar dan sukses. Tentunya sesuai tupoksi,” ujar Ketua Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PPSI) Kabupaten Garut Ade Sumarna usai pentas seni pencak silat dalam rangka sosialisasi Pilkada di Alun-Alun Kabupaten Garut Selasa (15/5).

Dia menuturkan ini adalah tahun pertama, para pelaku seni pencak silat dilibatkan dalam pengamanan Pilkada Garut. Para jawara dari semua pedepokan menyambut baik hal tersebut.

Dilihat dari sejarahnya, kata dia, para jawara silat di Garut tidak hanya siap mengamankan Pilkada. Berjuang untuk negara juga sudah pernah dilakukan pada zaman dahulu.

“Jangankan Pilkada, menjaga negara pun kami siap,” paparnya.

Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut Adis mengungkapkan ada 300 padepokan pencak silat yang bergabung dalam organisasi.

Setiap pedepokan rata-rata memiliki 25 pengurus. Mereka sering melaksanakan pertemuan untuk menyampaikan tugas dalam menjaga dan menyukseskan Pilkada serentak.

“Tokoh-tokoh silat di Garut sering kumpul. Makanya bisa disosialisasikan untuk mensukseskan Pilkada,” katanya.

Terpisah, Ketua KPU Garut Hilwan Fanaqi menuturkan para pendekar silat di Garut memiliki peran penting dalam menjaga keamanan. Termasuk untuk penyelenggaraan Pilkada.

Ada banyak tokoh silat yang menjadi panutan masyarakat Garut. Hal itu diharapkan dapat membuat pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar.

“Kalau pun nanti misalkan terjadi apa-apa, mereka bisa membantu kami untuk menenangkan massa,” terangnya. (yna)

loading...