Jelang Malam Takbir, Ribuan Botol Miras Dimusnahkan Polres Tasikmalaya

239
0

TASIKMALAYA – untuk menekan penyakit masyarakat (Pekat) yang bisa mengganggu kekhusyukan hari raya idul fitri 1441 H, ribuan botol minuman keras (Miras) berbagai merek dimusnahkan Polres Tasikmalaya, Sabtu (23/5).

Tidak hanya pimpinan dan anggota dari Polres Tasikmalaya hadir juga TNI, kejaksaan, Satpol-PP, para tokoh agama dan masyarakat yang ikut memusnahkan dengan cara dilindas stum.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana SIK mengatakan, pemusnahan barang bukti ribuan botol miras hasil operasi pekat ini dilaksanakan dalam rangka operasi ketupat lodaya 2020 jelang malam takbir dan hari raya idul fitri 1441 hijriah.

Menurut dia, ada sekitar 2.006 botol miras pabrikan berbagai merek yang didapatkan dari hasil razia selama bulan ramadhan. Termasuk ratusan liter miras tradisional berbagai jenis dimusnahkan.

“Termasuk 3.500 butir petasan berbagai jenis, puluhan alkohol murni dan berbagai merk obat batuk hasil razia saat Ramadan juga ikut dimusnahkan. Tujuannya untuk menjadikan Tasikmalaya bebas miras, terutama di bulan suci Ramadan,” tegas Hendria, kepada wartawan, di Mako Polres Tasikmalaya, kemarin.

Dia menambahkan, pemusnahan barang bukti ini dilakukan bersama sebagai kesepakatan bersama penegak hukum, pemerintah, alim ulama dan warga.

Selain upaya preventif oleh aparat penegak hukum, tokoh masyarakat dan alim ulama juga ikut menyosialisasikan bahaya miras melalui pendekatan agama.

“Kami himbau warga tidak melakukan pesta miras pada malam takbiran ini.
Jadi pemusnahan miras ini membuktikan upaya menekan angka penyakit masyarakat. Ada sekitar 20 pedagang miras yang diberikan sanksi tipiring pada operasi kali ini,” tambah dia.

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam MPd menambahkan, selain aparat penegak hukum, para tokoh agama bersama masyarakat juga ikut terus mengingatkan bahaya miras terhadap kesehatan dan akhlak.

“Kami sangat mendukung kegiatan pemusnahan dan operasi minuman keras ini. Kita berharap dengan terus masive dilakukan pemberantasan miras akan menyelamatkan generasi muda,” ujar dia.

Pemusnahan ribuan botol miras ini, ungkap dia, akan mencegah perbuatan nahi munkar yang sangat dilarang oleh agama Islam.

“Mudah-mudahan operasi razia miras bisa dilakukan setiap malam, bukan hanya menjelang bulan Ramadhan saja. Agar dampak miras yang menimbulkan dampak negatif di masyarakat perlahan hilang,” tegas dia.

(Diki Setiawan)

Video Pilihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.