Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako Melesat Naik

39
0
NAIK.Harga cabai rawit dan bawang merah mulai merangkak naik di beberapa pasar di Kabupaten Pangandaran menjelang libur natal dan tahun baru, Rabu (11/12). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2020, sejumlah kebutuhan sembako mulai merangkak naik. Namun ada juga beberapa komoditas yang harganya mengalami penurunan.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida mengatakan dari pantauannya di lapangan, beberapa komoditas mengalami kenaikan seperti cabai merah, cabai kriting, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. ”Daging ayam boiler dan daging ayam kampung juga mengalami kenaikan,” jelasnya kepada Radar saat ditemui di ruangannya, Rabu (11/12).

Untuk harga cabai merah di Pasar Parigi mengalami kenaikan dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu, cabai keriting dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu, cabai rawit dari harga Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu dan bawang merah mengalami kenaikan dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu. ”Sementara komoditi yang naik di Pasar Pananjung seperti cabe kriting dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu, kemudian bawang putih dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu dan daging ayam kampung dari Rp 70 ribu menjadi Rp 75 ribu,” tuturnya.

Sementara itu, harga di Pasar Kalipucang justru banyak yang mengalami penurunan seperti komoditi cabai merah yang turun dari harga Rp 50 ribu menjadi Rp 20 ribu, kemudian cabai keriting dari Rp 50 ribu menjadi Rp 20 ribu, bawang merah dari Rp 25 ribu menjadi Rp 23 ribu dan bawang putih dari Rp 26 ribu menjadi Rp 24 ribu. ”Sementara daging ayam BR dari 32 ribu menjadi Rp 33 ribu,” jelasnya.

Menurutnya, harga di Pasar Kalipucang justru mengalami penurunan, karena dipengaruhi oleh letak geografis. ”Jadi wilayah Kalipucang ini sangat dekat dengan daerah Jawa Tengah, sebagai penyuplai barang-barang komoditas ke Kabupaten Pangandaran,” jelasnya.

Ia berspekulasi beberapa komoditas akan mengalami kenaikan lagi dalam beberapa pekan ke depan. ”Paling kenaik­annya hanya kelipatan Rp 5 ribu,” katanya.

Penjual sayur di Pa­sar Parigi, Suheti (54) mengata­kan beberapa komoditi sayuran mengalami kenaikan, namun belum begitu signi­fi­kan.”Nanti kalau pas natal akan mengalami lonjakan lagi,” ujarnya. (den)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.